Saturday, 20 April 2024
HomeHiburanPraktekin yuk, Ini 5 Tips Jitu Merawat Pisau agar Tetap Tajam

Praktekin yuk, Ini 5 Tips Jitu Merawat Pisau agar Tetap Tajam

Bogordaily.net – menjadi alat dapur yang cukup penting dan wajib. Oleh karena itu, agar memasak menjadi lebih cepat, penting untuk tetap menjaga dalam keadaan tajam.

Tentu menyenangkan bisa merawat peralatan dapur termasuk hingga awet dan tetap tajam digunakan walau sudah bertahun-tahun. Kualitas tidak hanya bergantung pada bahan pembuatannya, melainkan juga bagaimana cara Anda merawatnya.

Selain tidak nyaman dipakai karena dapat memperlambat proses memotong, yang tumpul juga bisa berbahaya.

Berikut adalah hal-hal yang bisa diperhatikan dan dilakukan untuk menjaga tetap tajam dalam waktu lama.

1. Cuci Setelah Dipakai

Sehabis memasak segala macam perabot mulai dari wajan, panci hingga piring-piring kotor akan menumpuk. Biarkan mereka menumpuk untuk dicuci nanti tapi jangan coba-coba ikut menumpuk Anda di sana. Guna menjaga tetap tajam segera cuci pisau sesaat setelah digunakan.

Pasalnya menumpuk pisau dengan alat-alat masak lain rentan membuat sisi-sisinya tergores, bengkok dan rusak. Maka dari itu langsung mencuci pisau setelah dipakai adalah hal terbaik. Jangan lupa keringkan dengan benar dan simpan secara tepat.

2. Jangan Pakai Talenan Berbahan Keras

Saat ini Anda bisa menemukan talenan dari berbagai bahan, seperti keramik, kaca, stainless hingga marmer, tetapi merawat pisau agar tetap tajam yang selanjutnya adalah hindari talenan-talenan berbahan keras seperti itu. Gesekan antara pisau dan permukaan talenan berbahan keras seperti itu kurang baik untuk ketajamannya.

3. Asah Pisau Secara Rutin

Jika merasa perlu mengasahnya setiap hari sebelum digunakan, lakukan! Anda bisa mengasah pisau secara manual menggunakan batu asahan atau alat pengasah modern yang saat ini tidak terlalu susah didapat.

Apabila Anda terhitung rajin mengasah pisau, tidak perlu lama-lama mengasahnya. Cukup empat kali gosok untuk setiap sisinya.

4. Simpan Terpisah dengan Perkakas Lain

Jangan satukan pisau dengan sendok dan garpu. Menyimpan pisau di tempat yang sama dengan perkakas tersebut mudah membuatnya tergores atau rusak, sehingga pisau cepat tumpul.

Cara ideal menyimpan pisau adalah memasukkannya ke dalam sarung pisau terlebih dahulu lalu letakkan ia di dalam laci atau lemari dapur. Namun, jika Anda punya cara penyimpanan yang lain, seperti menggantungnya atau menempelkannya pada magnet bar juga bisa.

5. Jangan Merendam Pisau

Selain itu, hindari merendam pisau di dasar bak cuci. Beberapa orang terkadang seseorang mudah meninggalkan pisau di bak cuci. Padahal, merendamnya tidak hanya berisiko melukai tangan, tapi juga bisa menyebabkan karat. Karena itu, selalu keringkan pisau segera setelah mencucinya. (*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here