Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaProfil Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Malaysia yang Ditunjuk Sang Raja

Profil Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Malaysia yang Ditunjuk Sang Raja

Bogordaily.net – Pemimpin koalisi Pakatan Harapan (PH), Anwar Ibrahim, telah ditunjuk menjadi perdana menteri baru Malaysia pada Kamis, 24 November 2022 oleh Raja Al-Sultan Abdullah. Berikut dan sepak terjang Anwar Ibrahim di kancah politik.

Anwar Ibrahim akhirnya menjadi PM baru Malaysia setelah drama panjang karena tak ada pemenang mutlak dalam pemilu akhir pekan lalu.

Anwar Ibrahim menjadi salah satu politikus asal Malaysia yang cukup terkenal terutama dalam dunia politik.

Seperti dikutip Britannica, Anwar Ibrahim adalah politikus kelahiran Penang, Malaysia pada 10 Agustus 1947. Nama Lengkapnya adalah Datuk Seri Anwar bin Ibrahim.

Anwar Ibrahim telah melaksanakan pendidikannya seperti pada 1960 di mana ia pernah belajar di Maktab Melayu Kuala Kangsar. Ia juga belajar di Universitas Malaya pada 1967.

Dalam dunia perguruan tinggi, Anwar bahkan menjabat sebagai Presiden Kesatuan Bahasa Melayu pada 1968. Anwar juga sempat memimpin protes menentang Perang Vietnam serta demonstrasi mengenai masalah sosial dalam negeri mulai dari kemiskinan, korupsi, dan juga nasib kaum marjinal.

Anwar Ibrahim adalah politikus Malaysia dan telah berkarier sudah bertahun-tahun dalam dunia tersebut. Ia pernah menjabat sebagai Deputi Perdana Menteri Malaysia pada 1993-1998.

Saat menjadi wakil perdana menteri Malaysia kariernya sempat terhenti karena kasus korupsi pada tahun 1999. Kala itu, dia dinyatakan bersalah atas empat tuduhan korupsi dan dijatuhi hukuman enam tahun penjara.

Setelah keluar dari penjara, Anwar kembali memainkan peran penting dalam redistribusi kekuasaan di badan legislatif Malaysia.

Anwar harus mendekam lagi dalam penjara ketika divonis kasus sodomi pada tahun 2014 dan bebas tahun 2018. Dalam kasus itu, Anwar dituduh berhubungan seks dengan pembantu laki-lakinya.

Mahkamah Federal Malaysia kemudian membatalkan semua vonis atasnya dan Anwar dibebaskan dari penjara pada tahun 2004.

Ia dipecat dari UMNO, namun setelahnya ia mendirikan Partai Keadilan Rakyat, sebuah partai oposisi di Malaysia dan memimpin koalisi oposisi Pakatan Rakyat dan Pakatan Harapan.

Berikut di bawah ini adalah beberapa jabatan yang pernah Anwar Ibrahim pimpin dalam karier politiknya:

1. Menteri Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (1983)

2. Menteri Pertanian (1984)

3. Menteri Pendidikan (1986-1991)

4. Menteri Keuangan (1991-1998)

5. Wakil Perdana Menteri (1993-1998)

6. Pemimpin Partai Oposisi

7. Pemimpin Justice Party (kadilan) of Malaysia

 

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here