Friday, 29 March 2024
HomeBeritaProfil Gerard Pique, Bintang Barcelona yang Pensiun di Usia 35 Tahun

Profil Gerard Pique, Bintang Barcelona yang Pensiun di Usia 35 Tahun

Bogordaily.net–  memutuskan pensiun dari dunia sepak bola. Bek veteran ini pun memilih gantung sepatu pada Jumat, 4 November 2022  dan kabar tersebut diunggahnya melalui akun-akun media sosial pribadinya. Berikut .

merupakan pemain sejak lama yang yang lahir di Catalunya, Spanyol, pada 2 Februari 1987.

Dilansir Suara.com, sebagaimana anak-anak kelahiran Catalunya lainnya, Pique memiliki mimpi bisa membela sebagai pesepak bola.

Ia bergabung akademi sejak muda. Siapa sangka, sebelum menjadi bek, dirinya merupakan seorang gelandang bertahan.

Namun takdir memisahkan mimpi Pique membela sebagai pesepak bola profesional, saat ia menerima pinangan Manchester United pada 2004.

Di MU, Pique mendapati dirinya menjadi pesepak bola profesional, saat melakoni debut sebagai bek tengah di laga Piala Liga Inggris pada Oktober 2004 silam.

Sejak saat itu, Pique menjadi pelapis bagi barisan pertahanan Man United seperti Rio Ferdinand, Wes Brown, John O'Shea, dan Nemanja Vidic.

Sekitar empat tahun Pique membela Man United, ia mencatatkan 23 penampilan dengan sumbangan dua gol dan satu assist.

Pada 2008, Pique memutuskan kembali ke tanah kelahirannya, Barcelona, setelah Pep Guardiola naik menjadi pelatih utama Blaugrana.

Saat itu, Barcelona menebusnya dengan mahar lima juta poundsterling, dan Pique meneken kontrak berdurasi empat tahun dengan Blaugrana.

Pada musim pertamanya Pique langsung menjadi andalan di lini pertahanan bersama Carles Puyol dan membawa Barcelona meraih Sextuple atau enam gelar dalam setahun.

Awal mula yang apik itu pun membuat perjalanan Pique berlanjut bersama Barcelona hingga tahun 2022 ini, sampai dirinya memutuskan pensiun.

Selama di Barcelona, Pique mampu mengantarkan tim tanah kelahirannya itu merengkuh beragam trofi. Total 30 gelar direngkuhnya bersama Blaugrana.

Catatan apik ini pun berlanjut di Timnas Spanyol. Ia bersama Carles Puyol menjadi otak kesuksesan La Furia Roja mendominasi Eropa dan Dunia dengan menjuarai Euro 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010.

Sebelumnya diberitakan mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia sepak bola bersama Barcelona melalui media sosial pribadinya pada Jumat, 4 November 2022 dini hari WIB dan dikonfirmasi di laman resmi Barcelona.

Pemain berusia 35 tahun ini juga mengonfirmasi bahwa pertandingan Barcelona melawan Almeria pada pekan ke-13 Liga Spanyol 2022-2023 adalah yang terakhir.

“Pertandingan Sabtu (melawan Almeria) akan menjadi pertandingan terakhir saya di Camp Nou,” tulis pemain berusia 35 tahun itu di Twitter.

Dalam video pengumumannya, jebolan akademi La Masia ini mengungkapkan alasan di balik keputusannya untuk pensiun.

Pique membeberkan bahwa impian masa kecilnya dengan mempersembahkan trofi untuk Barcelona telah terpenuhi dan ini adalah waktu yang tepat baginya untuk pensiun.

“Beberapa minggu, bulan terakhir, orang-orang membicarakan saya,” kata Pique dalam video yang diunggah di media sosial.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here