Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaProfil Wishnutama, Sosok di Balik Kemewahan Gala Dinner KTT G20

Profil Wishnutama, Sosok di Balik Kemewahan Gala Dinner KTT G20

Bogordaily.net – Sosok merupakan orang yang berhasil menciptakan ide rangkaian dalam gala dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali. Berikut profil dari .

Pada Selasa, 15 November 2022 tepatnya di malam hari. Presidensi G20 Indonesia atau presiden Jokowi menggelar jamuan makan malam megah atau gala dinner untuk para tamu pemimpin negara KTT G20.

Dalam acara ini Joko Widodo dan ibu negara, Iriana menyambut para tamu undangan mengenakan busana adat Bali. Tak hanya itu, delegasi KTT G20 juga disuguhi berbagai macam atraksi seni dan kebudayaan Indonesia, usut punya usut, sosok merupakan orang yang berhasil menciptakan ide rangkaian gala dinner mewah ini.

Kusubandio lahir di Jayapura 4 Mei 1976 dalam Kabinet Indonesia Maju yang dibentuk Presiden Jokowi, dia dipercaya mengisi jabatan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada periode 2019 hingga 2020 lalu.

Sebelum dirinya dikenal sebagai pendiri dari NET TV atapun mantan Menteri Pariwisata dn Ekonomi Kreatif, dia merupakan lulusan dari Mount Ida College di Boston dan Emerson College, Amerika Serikat.

Setelah lulus, memulai karier pertamanya sebagai asisten produksi di New England Cable News Amerika dan menjadi Assistant Director On Air Promotion di WHDH-TV, Boston.

Perjalanan Karier

Tahun 1994, memutuskan kembali ke Indonesia dan bekerja di Indosiar sebagai Supervisor On Air Promotion. Lalu, tahun 1995, pindah ke divisi produksi sebagai Producer Director.

Pada tahun 1994, kembali ke Indonesia, dan memulai karir di Indosiar dengan menjabat sebagai Supervisor On Air Promotion. Setahun kemudian, Tama pindah ke divisi produksi sebagai Production Assistant. Program-program yang bermunculan selama Wistnutama bekerja di Indosiar antara lain Pesta, Gebyar BCA, Patroli, Satu Jam Bersama, dan Saksi.

berkarir selama tujuh tahun bersama Indosiar, sebelum akhirnya memutuskan pindak ke Trans Corp pada tahun 2001. Posisi pertama yang dijabat Tama di Trans Corp adalah kepala Divisi Produksi. Dua tahun bersama Trans Corp, karirnya menanjak tajam, jabatanya naik menjadi Direktur Operasional dan setahun kemudian menjadi Wakil Direktur Utama.

Tepat pada tahun 2006, resmi menjadi Direktur Utama TV7 (sekarang Trans7). Selang dua tahun selanjutnya, ia dipilih menjadi Direktur Utama TransTV. Beberapa program yang berhasil dibawah kepemimpinannya diantaranya Extravaganza, OVJ, Temehek-mehek, Dunia Lain, Empat Mata, Indonesia Mencari Bakat.

Selama 11 tahun berkarir dan mengabdikan diri di Trans corp, akhirnya Wishnutama memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan yang telah dibangunnya. Setelah resmi mengundurkan diri, ia bersama dengan partnernya yaitu Agus Lesmono membangun sebuah stasiun televisi bernama NET(News and Entertainment Television).

Hingga akhirnya didirikan NET TV pada tanggal 18 Mei 2013 dan resmi diluncurkan pada tanggal 23 Mei 2013. NET menggantikan siaran terestrial Spacetoon yang sebagian sahamnya telah diambil alih oleh Indika Group.

Pada 2018, Wishnutama berkontribusi menyukseskan upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 dengan menjadi salah satu kreatornya. Suksesnya acara tersebut membuat namanya semakin diperbincangkan.

Hingga akhirnya, pada tahun 2019 ini, Wishnutama didapuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabinet Indonesia Maju Periode 2019 – 2024.

Pria berusia 49 tahun itu diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai bagian dalam Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta pada 23 Oktober 2019.

Total Kekayaan Wishnutama Kusubandio

Melansir dari Idol Net Worth, Wishnutama adalah salah satu Produser TV terkaya & terdaftar di Produser TV terpopuler yang punya kekayaan bersih sekitar US$100.000 hingga US$1 juta atau sekitar hingga Rp15 miliar.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here