Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorRatusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol, Rektor IPB Bergerak

Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol, Rektor IPB Bergerak

Bogordaily.net IPB terjerat pinjol jadi perhatian publik. Menanggapi ratusan para Mahasiswanya menjadi korban , Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria mengungkapkan, saat ini sudah ada 166 Mahasiswanya yang menjadi korban pinjaman online tersebut.

“Hingga saat ini, sebanyak 116 IPB yang jadi korban dari total sekitar 300 orang dari sejumlah perguruan tinggi. Pada kasus ini, tidak ada transaksi yang sifatnya individual yang dilakukan IPB,” ujar Arif melalui keterangannya, Rabu 16 November 2022.

Kemudian kata Arif kasus tersebut merupakan modus baru dengan unsur yang dilakukan oleh pelaku.

“Ini kasus yang diduga ada unsur dengan modus baru yang dilakukan oleh satu oknum yang sama, yang sudah kita identifikasi dan dilaporkan ke polisi,” jelasnya.

Selain itu, Rektor IPB mengatakan pelaku dalam melakukan transaksi menjanjikan pada yang menjadi korban dengan mendapatkan 10 persen dari setiap transaksi dan cicilan dibayarkan oleh pelaku.

“Lalu pelaku meminta dana tersebut digunakan untuk melakukan transaksi di toko online milik pelaku. Dari setiap nominal transaksi itu, dijanjikan mendapatkan komisi 10 persen dan cicilan dibayarkan oleh pelaku. Namun, hingga saat ini, pelaku tidak pernah memenuhinya,” ungkapnya.

Sementara itu hingga saat ini IPB telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, diantaranya kepolisian dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menurutnya, hal itu tentu menjadi pembelajaran bagi IPB.

“Karena itu, tindakan preventif dengan melakukan peningkatan literasi keuangan dan fintech kepada perlu dilakukan. Hal itu, kata dia, sebagai upaya agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari,” pungkasnya. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here