Thursday, 16 May 2024
HomeEkonomiResesi 2023 & Dampaknya bagi Indonesia seperti Apa? Berikut Ulasannya

Resesi 2023 & Dampaknya bagi Indonesia seperti Apa? Berikut Ulasannya

Bogordaily.net dan dampaknya bagi Indonesia seperti apa? Pertanyaan itu kerap dilontarkan mengingat isu ini terus disuarakan.

Benarkah Indonesia akan jatuh miskin saat itu benar-benar terjadi? Apa saja dampaknya bagi Indonesia?

menggema seiring dengan Dana Moneter Internasional (IMF) yang memperingatkan pada tahun 2023 bisa dialami oleh banyak negara.

Resesi umumnya ditandai dengan menurunnya pendapatan domestik bruto (PDB), meningkatnya pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi menunjukkan tren negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Isu mengenai resesi ini semakin ramai menjadi pembicaraan masyarakat Indonesia setelah munculnya sebuah video yang diunggah oleh seorang content creator di Youtube.

Dalam video ini, content creator tersebut mengatakan tahun 2023 akan menjadi tahun yang menyeramkan.

Lantas apa pemicunya?

Seperti diberitakan SuarAkademia, yang mengulas berbincang dengan Teuku Riefky, peneliti dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia memaparkan soal ancaman resesi tersebut.

Menurut Riefky, pemicu yang menyebabkan munculnya isu resesi global ini adalah inflasi yang terjadi hampir di seluruh dunia yang tidak diimbangi dengan naiknya tingkat ekonomi dan daya beli masyarakat.

Situasi ini diperparah dengan adanya konflik Rusia – Ukraina yang membuat harga energi semakin tinggi dan mendongkrak inflasi.

Riefky juga mengatakan kondisi perekonomian Indonesia sebenarnya cukup baik, meskipun masih harus waspada dengan tekanan global yang semakin besar.

Masyarakat diharapkan untuk tidak panik secara berlebihan menanggapi isu resesi ini dan tetap berhati-hati di tengah situasi ekonomi global yang tidak menentu.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here