Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten BogorResmikan Rumah Ide, Kadispora Apresiasi Produk Ekraf Kabupaten Bogor

Resmikan Rumah Ide, Kadispora Apresiasi Produk Ekraf Kabupaten Bogor

Bogordaily.net– Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Bogor Asnan, AP meresmikan Pemuda mewakili Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan, pada Kamis, 3 November 2022.

Setelah meresmikannya, Kadispora Asnan AP, Kabid Nina serta rombongan mengunjungi ruang-ruang konsultasi yang telah diisi oleh ketiga entitas tersebut. Di ruang konsultasi Kabekraf, Kadispora Asnan AP terkesan dengan paparan yang disampaikan oleh Narasumber dari Kabekraf.

Selain itu, Kadispora Asnan AP juga kagum dan mengapresiasi produk-produk ekonomi kreatif (Ekraf) yang ada di meja pameran Kabekraf. Bahkan, dirinya mencoba langsung mengenakan masker yang diselimuti tombol keyboard.

“Wah ini bagus sekali. Yang mahal idenya. Saya berharap ada showcase agar tamu yang datang bisa melihat, terinspirasi dan membeli langsung ke pengusaha muda ekraf,” ujar Kadispora Asnan AP.

Pemuda yang berlokasi di Ruko Cibinong City Center telah diresmikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Bogor Asnan, AP. Pemuda yang diinisiasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor ini bertujuan untuk mewadahi pemuda-pemudi Kabupaten Bogor yang ingin memulai dan mengembangkan bisnis.

Dalam sambutannya, Kadispora Asnan AP, menyampaikan bahwa Pemuda merupakan implementasi Dispora Kabupaten Bogor dari Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bogor Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pembangunan Kepemudaan.

“Kami berharap Pemuda bisa menjadi fasilitas bagi percepatan penumbuhan wirausaha muda melalui sarana dan prasarana. Dengan demikian dapat membuka lapangan pekerjaan,”
ungkapnya saat meresmikan Rumah Ide Pemuda pada Kamis, 3 November 2022.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Layanan Kepemudaan Dispora Kabupaten Bogor Nina Nurmasari mengungkapkan, untuk bisa mewujudkan cita-cita tersebut Dispora bekerja sama dengan Komite Kabupaten Bogor Ekonomi Kreatif (Kabekraf), HIPMI Kabupaten Bogor dan FORUM UMKM Kabupaten Bogor.

“Jadi muda-mudi Kabupaten Bogor bisa bertemu dengan konselor yang sudah ekspert di bidangnya dan bisa pakai fasilitas ini untuk coworking space. Jadi biar bisa kaya direktur-direktur yang punya kantor bersama. Dan ini semua gratis,” katanya.

Di hadapan Kadispora Asnan AP, narasumber dari Kabekraf Robby Firliandoko menyampaikan, bahwa yang dipamerkan dalam acara merupakan perwakilan karya pengusaha muda Kabupaten Bogor.

“Bapak Kadis, ini kami bawa perwakilan produk dari kawan-kawan, ada Artwork Keyboard dari Buttennetwork, Tas Kulit dari Difia.id, Mie sehat dari Miendfull, Permainan edukatif dan minuman rempah dari Puna Indonesia, Buku bersampul kulit Hibrkraft dan Kopi serta teh artisan dari Meser,” terang Robby saat menjelaskan produk- di hadapan Kadispora Asnan AP.

Robby yang merupakan Wakil Direktur Kabekraf mengucapan terima kasih kepada Dispora Kabupaten Bogor yang telah menyediakan ruang untuk pengusaha muda Kabupaten Bogor.

“Kami berkegiatan di Rumah Ide Pemuda sudah sejak September. Berbagai pemuda telah datang dan berkonsultasi. Selain itu, kami juga telah melakukan sosialisasi dengan mengundang puluhan pelaku ekraf usia di bawah 30 ke Rumah Ide Pemuda untuk mengetahui fasilitas yang ada dan menggali kebutuhan kawan-kawan dalam pengembangan kapasitas,” ucapnya.

Robby yang kini juga menjadi Dosen Muda Sains Komunikasi FISIPKOM Universitas Djuanda menambahkan bahwa program Kabekraf selanjutnya di Rumah Ide Pemuda adalah tetap menjalankan tugas untuk menerima konsultasi bisnis ekraf, sosialisasi dan yang paling penting adalah akan ada kelas pengembangan kapasitas. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here