Wednesday, 8 May 2024
HomeEkonomiReview & Harga Mobil bZ4X, Mobil Listrik Pertama Toyota yang Sudah Rilis...

Review & Harga Mobil bZ4X, Mobil Listrik Pertama Toyota yang Sudah Rilis di Indonesia

Bogordaily.net – Berikut ini adalah review dan harga mobil bZ4X, pertama milik Toyota yang sudah resmi meluncur di Indonesia. Seperti apa kecanggihannya dan berapa harga jualnya?

Mobil ini menjadi salah satu perhatian para pecinta otomotif tanah air. Digadang-gadang bakal jadi pesaing lainya sudah muncul lebih dulu.

Maklum, merek Toyota merupakan merek mobil paling membumi di Indonesia. Maka kemunculannya pun ditunggu-tunggu penggila otomotif.

Secara resmi pabrikan Jepang ini sudah resmi meluncur dan diperkenalkan di pasar anak air. Seperti apa kecanggihan mobil ini?

Review dan Harga Mobil bZ4X

Mobil ini dirancang menggunakan platform e-TNGA (Toyota New Global Architecture) e-TNGA. Secara dimensi bZ4X memiliki wheelbase 2.850 mm, panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi, 1.600 mm, sedangkan beratnya hanya 2.195 kg.

Di dalam mobil tersemat motor listrik penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD). Tenaga yang dihasilkan mencapai 204 HP dan torsi 266 Nm. Di atas kertas, Toyota mengklaim SUV ini dapat berakselerasi 0-100 km per jam dalam 8,3 detik dan akselerasi pertengahan 48-90 km per jam dalam 2,9 detik.

Terdapat mode berkendara ECO untuk menghemat daya listrik dan SNOW untuk berkendara di medan offroad ringan. Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh yang dapat terisi 80 persen dengan durasi sekitar 30 menit dengan sistem pengisian cepat 150 kW menggunakan sistem charging DC output CCS2.

Sedangkan pengisian penuh menggunakan AC output dengan supply 230V/32A akan memakan waktu 9-10 jam. Jika baterai tersebut terisi penuh dapat mencapai jarak hingga 500 km. Baterai tersebut mendapat garansi selama delapan tahun atau 160 ribu kilometer.

Terkait fitur, merek Jepang ini membenamkan paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Model Toyota di dalam negeri yang sudah menggunakan fitur ini sebelumnya adalah Voxy.

Toyota membanderol BZ4X dengan harga Rp 1,19 miliar on the road Jakarta. Sebagai perbandingan lain yang dijual di dalam negeri, yaitu BMW i4 Rp2,06 miliar dan BMW iX Rp2,33 miliar, Mini Electric Rp 1,05 miliar, Hyundai Ioniq 5 Rp 748 juta-Rp 859 juta dan Wuling Air EV Rp 238 juta-Rp311 juta. “Kami harap BZ4X akan mendapat dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia,” kata Direktur Marketing TAM Anton Jimmy.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here