Sunday, 5 May 2024
HomeNasionalRizal Ramli Soroti Potensi Konflik di Laut China Selatan

Rizal Ramli Soroti Potensi Konflik di Laut China Selatan

Bogordaily.net – Mantan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia (RR) menyoroti potensi di Laut China Selatan, terkait calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa.

Menurutnya tantangan potensi di wilayah laut tersebut lebih penting ketimbang diskursus mengenai rotasi Panglima TNI pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa yang jatuh pada jatah dari matra laut.

Ia mengatakan potensi menjadi tantangan paling besar hari ini.

“Negara-negara barat, China sendiri, membangun pangkalan dari atol di Laut China Selatan, dan lagi dengan banyak negara. Ada juga kemungkinan masalah Taiwan. Ini semua tantangan-tantangan kita dalam waktu dekat,” kata .

“Jadi memang Panglima berasal dari Angkatan Laut jawaban dari tantangan yang kita hadapi ini. Karena potensi kan bukan di darat. Potensi di Laut China Selatan,” imbuhnya.

Selain itu, kata dia, sudah ada respon nyata dari negara-negara di kawasan terhadap potensi di Laut China Selatan. Salah satunya, dengan banyaknya latihan-latihan militer berbasis Angkatan Laut di kawasan.

Untuk itu, sambungnya, sudah sewajarnya apabila Panglima TNI pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa yang akan memasuki usia pensiun pada 21 Desember 2022 mendatang berasal dari Angkatan Laut.

Dia menambahkan saat menjabat di pemerintahan, Laut China Selatan di wilayah Indonesia diubah dengan nama Laut Natuna Utara. Saat itu, China mengirim protes ke pemerintah agar perubahan nama tersebut dibatalkan.

“Kami menolak. Kenapa ya? Lho ini wilayah kita, laut kita, terserah kita dong mau kasih nama apa. China tidak berhak menentukan nama yang di sini,” terangnya.

“Akhirnya karena kami cukup firm, yang lainnya ikutlah mengubah peta Indonesia dalam bidang pendidikan dan yang kedua kita proses di PBB. Wilayah kita ini diakui oleh kesepakatan PBB, UNCLOS,” sambung dia.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here