Saturday, 20 April 2024
HomeHiburanDiperingati Setiap 12 November, Berikut Sejarah Hari Ayah Nasional

Diperingati Setiap 12 November, Berikut Sejarah Hari Ayah Nasional

Bogordaily.net diperingati 12 November setiap tahunnya. Meskipun bukan hari libur umum, banyak masyarakat di Indonesia merayakan hari spesial ini. Pada biasanya ada ucapan dan hadiah kepada sosok ayah yang merupakan tulang punggung dan kepala keluarga tersebut.

Peringatan mempunyai sejarahnya sendiri. sebagaimana dilansir Suara.com, lahir dari prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Pada 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Acara yang disambut antusias oleh para peserta ini kemudian memunculkan gagasan baru untuk menggelar peringatan serupa kepada sosok ayah.

Barulah pada 12 November 2014, PPIP menggelar deklarasi untuk Indonesia. Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan ‘Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”.

Deklarasi juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi tersebut, diluncurkan buku yang berjudul Kenangan untuk Ayah. Buku ini berisi surat anak-anak dari seluruh Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Setelah deklarasi, buku Kenangan untuk Ayah dan piagam deklarasi dikirimkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di empat penjuru Indonesia, yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote. Sejak saat itu, setiap tanggal 12 November dijadikan sebagai peringatan .

Sementara itu berbeda dengan Sedunia yang biasa diperingati setiap 19 Juni.

Melansir Hindustan Times, Hari Ayah didirikan di Amerika Serikat, di Spokane di Washington YMCA pada tahun 1910 oleh Sonora Smart Dodd. Di tahun tersebut, Hari Ayah dirayakan pada 19 Juni 1910.

Saat ini Sonora mendengar tentang bagaimana Anna Jarvis yang mencetuskan Hari Ibu untuk menghormati ibunya. Ia kemudian memberitahu pendeta Gerejanya bahwa harus ada sesuatu yang serupa untuk merayakan Hari Ayah.

Kabarnya, ayah Sonora merupakan veteran Perang Sipil William Jackson Smart, orang tua tunggal dari Arkansas yang membesarkan sebanyak enam orang anak.

Pada Hari Ayah yang dilaksanakan setiap tahunnya, anak-anak mengakui dan menghargai ayah mereka serta figur ayah mereka yang memberikan peran penting dalam kehidupan mereka, baik secara emosional, mental, hingga finansial.

Pada perayaan Hari Ayah, anak-anak memahami pentingnya peran seorang ayah dalam kehidupan seseorang. Mereka juga mengakui bagaimana kontribusi sang ayah bagi keluarga mereka sendiri, dan masyarakat secara umum.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here