Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaSelain Umur, Ini 5 Faktor Pemicu Munculnya Uban 

Selain Umur, Ini 5 Faktor Pemicu Munculnya Uban 

Bogordaily.net – Munculnya uban atau putih kerap dikaitkan dengan proses penuaan. Namun kemunculan uban juga bisa terjadi lebih dini akibat pengaruh beragam faktor, bisa dari gen, hormon, kondisi medis tertentu, bahkan faktor stress.

Seiring dengan penambahan usia, jumlah pigmen yang masuk ke tiap helaian akan menurun. Hal inilah yang membuat putih atau uban semakin banyak muncul di usia lanjut.

Berikut lima faktor lain yang bisa mendorong kemunculan putih selain faktor umur:

1. Gen

Menurut Dr K Harish Kumar MD DVL, gen adalah faktor predominan dalam menentukan pada usia berapa akan kehilangan pigmen. Pada beberapa orang, faktor genetik kemunculan helaian uban pertama bisa terjadi pada usia 20-an tahun.

2. Hormon

Studi mengindikasikan abhwa hormon bisa memicu atau meningkatkan kemunculan uban prematur. Orang-orang yang merasa kemunculan uban di mereka berkaitan dengan masalah hormon sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

3. Kondisi Medis

Masalah tertentu bisa membuat kehilangan pigmen. Beberapa contohnya adalah penyakit autoimun seperti vitiligo, pernicious anemia, penyakit tiroid, dan sindrom penuaan dini.

4. Stres

Selain faktor yang berkenaan dengan masalah fisik, masalah psikologis juga dapat mempengaruhi munculnya uban. Beberapa studi menunjukkan bahwa muatan stres oksidatif yang dipicu stres psikologis bisa menyebabkan terjadinya beruban secara prematur.

5. Merokok

Salah satu faktor utama yang membuat uban muncul lebih dini adalah kebiasaan merokok. Sejumlah studi juga menemukan bahwa kebiasaan merokok menyebabkan terjadinya kerusakan melanosit folikel .***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here