Selain Umur, Ini 5 Faktor Pemicu Munculnya Uban 

Menu

Mode Gelap
Info Terkini Gempa Menurut BMKG, Sabtu 28  Januari 2023 Link Streaming Man City vs Arsenal, Aman dan Legal Catat, Ini Nomor Hotline Pengaduan Penculikan Anak di Kota Bogor Doa Buka Puasa Rajab 2023 dan Qadha Ramadhan Lengkap Pasar Kaget di Taman Heulang Dikeluhkan Warga, Sahib Khan Usulkan Relokasi

Kesehatan · 30 Nov 2022 16:21 WIB

Selain Umur, Ini 5 Faktor Pemicu Munculnya Uban 


 Selain Umur, Ini 5 Faktor Pemicu Munculnya Uban  Perbesar

IIMS

Bogordaily.net – Munculnya uban atau rambut putih kerap dikaitkan dengan proses penuaan. Namun kemunculan uban juga bisa terjadi lebih dini akibat pengaruh beragam faktor, bisa dari gen, hormon, kondisi medis tertentu, bahkan faktor stress.

Seiring dengan penambahan usia, jumlah pigmen yang masuk ke tiap helaian rambut akan menurun. Hal inilah yang membuat rambut putih atau uban semakin banyak muncul di usia lanjut.

Berikut lima faktor lain yang bisa mendorong kemunculan rambut putih selain faktor umur:

1. Gen

Menurut Dr K Harish Kumar MD DVL, gen adalah faktor predominan dalam menentukan pada usia berapa rambut akan kehilangan pigmen. Pada beberapa orang, faktor genetik kemunculan helaian uban pertama bisa terjadi pada usia 20-an tahun.

2. Hormon

Studi mengindikasikan abhwa hormon bisa memicu atau meningkatkan kemunculan uban prematur. Orang-orang yang merasa kemunculan uban di rambut mereka berkaitan dengan masalah hormon sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

3. Kondisi Medis

Masalah kesehatan tertentu bisa membuat rambut kehilangan pigmen. Beberapa contohnya adalah penyakit autoimun seperti vitiligo, pernicious anemia, penyakit tiroid, dan sindrom penuaan dini.

4. Stres

Selain faktor yang berkenaan dengan masalah fisik, masalah psikologis juga dapat mempengaruhi munculnya uban. Beberapa studi menunjukkan bahwa muatan stres oksidatif yang dipicu stres psikologis bisa menyebabkan terjadinya rambut beruban secara prematur.

5. Merokok

Salah satu faktor utama yang membuat uban muncul lebih dini adalah kebiasaan merokok. Sejumlah studi juga menemukan bahwa kebiasaan merokok menyebabkan terjadinya kerusakan melanosit folikel rambut.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Tak Hanya untuk Kecantikan, Ini Manfaat Pijat Wajah

29 January 2023 - 22:04 WIB

6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Bikin Kulit Kenceng

29 January 2023 - 21:11 WIB

manfaat mentimun

Awas, Kebiasaan Ini Dapat Menurunkan Daya Ingat

28 January 2023 - 18:55 WIB

turunkan daya ingat

RS Azra Edukasi, Bahas Hipertensi dan Diet Rendah Garam

27 January 2023 - 18:53 WIB

RS Azra Edukasi

4 Makanan Bisa Bantu Tingkatkan Berat Badan

27 January 2023 - 15:40 WIB

makanan berat badan

Berbahaya di The Last of Us, Ini Manfaat Jamur Cordyceps

26 January 2023 - 22:00 WIB

Jamur Cordyceps
Trending di Kesehatan