Friday, 29 March 2024
HomeBeritaSensus Penduduk di Kelurahan Kertamaya Dikawal Babinsa

Sensus Penduduk di Kelurahan Kertamaya Dikawal Babinsa

Bogordaily.net – Sinkronisasi data atau masyarakat di wilayah tempat tinggal terus dilakukan oleh semua pihak. Seperti halnya di wilayah binaan Bintara Pembina Desa () Kelurahan Kertamaya, Serda Tonton Hartono.

Ia bahkan mengawal langsung proses di Kampung Ciomas, RT 03, RW 03, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, pada Selasa 1 November 2022. Sensus tersebut dilaksanakan oleh tim sensus dari kelurahan, mereka semua mendatangi rumah warga satu persatu.

“Tentunya sensus ini bertujuan untuk mendata para warga, mulai dari jumlah anggota keluarganya, hingga kondisi ekoniminya. Jadi sangat diperlukan pendataan ini, khususnya untuk mempermudah ketika diperlukan,” kata Serda Tonton Hartono

Ia menambahkan, sensus menyediakan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan. Termasuk basis data untuk perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Selain menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran dan karakteristik penduduk,  juga sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah. Sehingga dengan hasil data dari sensus yang dilakukan BPS, akan memudahkan pihaknya dalam membuat acuan program.

“Nantinya kalau ada program dari pemerintah, mempermudah untuk merealisasikannya, seperti program bantuan, jadi gampang siapa yang berhak mendapatkannya nanti,” tutup Serda Tonton Hartono

Selama kegiatan proses sensus tersebut berjalan dengan aman dan lancar, semua warga yang didata bisa mengikuti arahan petugas dengan baik dan benar.

Hans 74 Pendim 0606/Kota Bogor

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here