Friday, 3 May 2024
HomeBeritaSering Merasa Kelelahan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Sering Merasa Kelelahan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Bogordaily.net– biasanya disebabkan oleh beberapa faktor sederhana seperti kurang tidur. Namun, bisa juga disebabkan oleh kondisi kesehatan yang sedang tidak stabil seperti terserang flu atau pilek. Lelah hal wajar yang dirasakan oleh setiap orang, tetapi kronis dapat berdampak buruk. Melansir YourSay.id dari healthline.com, berikut tubuh merasa lelah:

Kurangnya waktu tidur yang berkualitas

Tidur yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Saat tidur tubuh akan melakukan beberapa proses penting seperti melepaskan hormon dan meregenerasi sel. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan orang bangun dengan perasaan yang lebih segar dan berenergi setelah tidur malam yang baik.

Ketidakseimbangan pola makan

Pola makan yang tidak teratur akan mempengaruhi kualitas dan stamina tubuh. Pola makan yang tidak teratur akan berdampak pada tidak terpenuhinya nutrisi bagi tubuh. Memakan makanan rendah nutrisi juga dapat menjadi tubuh sering merasa .

Kekurangan nutrisi tertentu

Kekurangan nutrisi juga dapat membuat tubuh menjadi lelah sepanjang hari, meskipun telah mendapatkan tidur cukup tujuh jam lebih. Kekurangan nutrisi tertentu seperti zat besi, vitamin B12 , dan vitamin D dapat berdampak pada kebugaran tubuh dalam beraktivitas. Vitamin B12 sangat penting untuk pengiriman oksigen dan produksi energi, sehingga apabila kekurangan dapat menyebabkan yang ekstrem. Kekurangan vitamin B12 wajar terjadi terutama bagi orang dewasa karena kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin B12 menurun seiring bertambahnya usia.

Stres

Beberapa stres tidak bisa dihindari, tetapi usahakan untuk selalu mengelola perasaan tersebut agar tidak dan mengganggu kualitas kesehatan. Anda juga bisa melakukan meditasi mandiri, mandi air hangat, atau jalan-jalan. Jika tidak kunjung berhasil maka kunjungilah profesional seperti psikolog atau psikiater untuk membantumu mengatasi masalah stres yang sedang dialami.

Kondisi medis tertentu

Jika mengalami kelelahan kronis yang tak kunjung usai, maka pergi ke dokter adalah jalan keluar untuk mendiskusikan mengenai gejalanya. Perlu diketahui merasa lelah sepanjang waktu bukanlah hal yang normal, jika Anda mengalaminya kemungkinan ada lain di belakangnya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here