Friday, 3 May 2024
HomeNasionalSesuai Sunah, Ini Waktu Terbaik Salat Gerhana Bulan

Sesuai Sunah, Ini Waktu Terbaik Salat Gerhana Bulan

Bogordaily.net–  bulan total akan terjadi di seluruh wilayah di Indonesia pada Selasa, 8 November 2022 besok. Salah satu amalan terbaik bagi umat Islam yakni mengerjakan salat . Nah, kapan waktu terbaik salat bulan?

Melansir Suara.com dari situs Kemenag Jateng, salat merupakan salat sunah yang dikerjakan saat terjadi , baik itu matahari ataupun bulan. Dalam pelaksanaannya, terdapat waktu terbaik melaksanakan salat bulan.

Untuk salat yang dikerjakan saat terjadi bulan dinamakan dengan salat khusuf. Para ulama sepakat saat terjadi , maka sebaiknya umat muslim menyegerakan untuk salat gerhana secara berjamaah.

Adapun perintah untuk melaksanakan salat gerhana saat terjadinya fenomena gerhana diriwayatkan dalam sebuah hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah sholat, dan bersedekahlah.” (HR Bukhari).

Lantas kapan waktu terbaik salat gerhana bulan?  Salat gerhana dapat dilaksanakan ketika terjadinya gerhana hingga usai gerhana, baik itu saat gerhana matahari ataupun gerhana bulan. Hal ini juga berlaku saat terjadi gerhana total atau gerhana sebagian.

Apabila gerhana sudah selesai sementara salat masih dikerjakan, maka ibadah sunah tersebut dianjurkan untuk tetap dilanjutkan dengan bacaan yang lebih diperpendek.

Dijelaskan bahwa, hanya orang-orang yang berada di kawasan yang dilintasi oleh gerhana yang dapat mengerjakan salat gerhana. Sementara untuk orang yang kawasannya tidak dilintasi gerhana, maka tak dianjurkan untuk mengerjakan salat gerhana.

Namun, khusus saat terjadi gerhana penumbral umat muslim tidak disunnahkan melakukan salat gerhana. Hal ini disebabkan karena pada piringan bulan masih terlihat utuh dan bulat, dan tak tampak bagian yang terpotong.

Hanya cahaya yang dipancarkan bulan akan sedikit redup sehingga banyak orang sulit membedakan antara terjadi gerhana bulan atau bukan.

Berikut  niat dan cara salat khusuf ini bisa menjadi panduan untuk melaksanakan salat gerhana matahari total pada 8 November 2022: Niat dan Cara Sholat Khusuf Saat Gerhana Bulan Total 8 November 2022.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here