Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalSiapkan Dirimu! Ini 5 Tanda-Tanda Terjadinya Gempa Bumi

Siapkan Dirimu! Ini 5 Tanda-Tanda Terjadinya Gempa Bumi

Bogordaily.net yang terjadi memang mengerikan, di Indonesia sendiri merupakan negara yang rawan terjadi gempa. Berikut - terjadinya serta hal yang harus dilakukan saat dan setelah terjadinya gempa.

Sebagai warga negara Indonesia, kita semua harus mengetahui beberapa pertanda terjadinya gempa serta hal-hal apa saja yang harus dilakukan saat terjadinya gempa dan setelah terjadinya gempa.

dibagi menjadi dua jenis yaitu vulkanik dan tektonik, kedua jenis gempa ini berdasarkan dari sumber getaran.

vulkanik adalah getaran kuat akibat kegitan gunung berapi. Sedangkan gempa tektonik adalah getaran kuat yang diakibatkan oleh patahan bumi karena pergeseran lempeng bumi.

Berikut - terjadinya gempa bumi serta hal yang harus dilakukan saat dan setelah terjadinya gempa.

1. Lihat ke awan

Jika di langit ada awan yang berbentuk seperti angin tornado/seperti pohon/seperti batang, bentuknya berdiri, itu adalah awan gempa yang biasanya muncul sebelum gempa terjadi.

Awan yang berbentuk aneh itu terjadi karena adanya gelombang elektromagnetis berkekuatan hebat dari dasar bumi. Sehingga gelombang elektromagnetis tersebut ‘menghisap' daya listrik di awan. Oleh karena itu bentuk awannya jadi seperti tersedot ke bawah.

Gelombang elektromagnetis berkekuatan besar itu sendiri terjadi akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi. Tapi kemunculan awan gempa seperti itu di langit tidak selalu berarti akan ada gempa. Bisa saja memang bentuknya seperti itu.

2. Cahaya Gempa

Pertanda gempa mungkin bisa berupa cahaya. Kilatan cahaya misterius terlihat sesaat sebelum gempa besar mengguncang Cina dan Italia. Orang sering menyebutnya sebagai ‘cahaya gempa' — pertanda terjadinya gempa dahsyat.

Cahaya gempa bumi teramati seperti api pendek berwarna biru yang muncul dari dalam tanah, seperti obor cahaya yang mengambang ke udara, atau garpu cahaya besar yang terlihat seperti petir melesat dari dalam tanah ke udara

Belakangan ini para ilmuwan Amerika Serikat menemukan petunjuk bahwa cahaya itu dapat dipicu oleh pergeseran lapisan tanah yang menghasilkan muatan listrik yang besar.

3. Lihat air tanah

Gempa bumi bisa juga ditandai dengan air tanah yang tiba-tiba menjadi surut tidak seperti biasanya.

4. Hewan yang gelisah

Jika punya hewan peliharaan di rumah, atau ada hewan di sekitar kita, perhatikan gerak geriknya. Hewan yang gelisah biasanya merasakan adanya gelombang elektromagnetik sebelum gempa terjadi, dan melarikan diri.

5. Gangguan alat elektronik

Beberapa alat elektronik mungkin mengalami gangguan tidak biasa sebelum gempa bumi terjadi. Contohnya lampu neon yang tiba-tba redup, atau televisi yang ‘brebet' dan bergetar layarnya.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here