Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSosok Jiang Zemin, Presiden China yang Meninggal Dunia

Sosok Jiang Zemin, Presiden China yang Meninggal Dunia

Bogordaily.net– Mantan Presiden Jiang Zemin baru saja meninggal dunia pada usia 96 hari ini, Rabu 30 November 2022. Jiang Zemin merupakan Presiden ke-5 yang menjabat selama 1993-2003. Berikut sosok Jiang Zemin.

Dikutip dari CNN Indonesia, di bawah kepemimpinannya, terus mengalami pertumbuhan ekonomi secara substansial dan reformasi pasar. berhasil keluar dari isolasi diplomatik dunia akibat peristiwa Tiananmen di tangah Jiang.

Tak hanya itu juga terus memperbaiki hubungannya dengan Amerika Serikat. Bahkan ia membawa bertahan dari krisis pada moneter 1997-1998 yang terjadi di negara Asia lainnya. Meski demikian, kepemimpinan otoriter kepada rakyat diterapkan semasa era ia berkuasa.

Di bawah kekuasaannya, bangkit sebagai negara manufaktur utama dunia dan negara dengan ekonomi yang terus berkembang menyaingi negara-negara maju. Seiring waktu, Jiang memilih pensiun sebagai ketua partai pada 2002 dan menyerahkan kendali kepada Hu Jintao.

Di sisi lain, Jiang dikenal sebagai komunis yang terang-terangan menyatakan kecintaannya pada film-film Barat seperti Hollywood. Ia bahkan sering menyanyikan lagu-lagu Barat seperti “Love Me Tender”.

Sebelumnya diberitakan kabar duka menyelimuti . Mantan presiden Jiang Zemin meninggal dunia Rabu, 30 November  2022 pada usia 96 tahun. Jiang dikabarkan meninggal dunia akibat leukemia dan kegagalan sejumlah organ. Ia meninggal dunia di rumahnya di Shanghai sekitar pukul 12.13 dan meninggalkan seorang istri Wang Yeping dan dua anak.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here