Monday, 29 April 2024
HomePolitikSurya Paloh Khawatir PKS dan Demokrat Tinggalkan Nasdem

Surya Paloh Khawatir PKS dan Demokrat Tinggalkan Nasdem

Bogordaily.net – Baru-baru ini Ketua Umum Surya Paloh mengatakan bahwa tidak bisa menjamin Anies Baswedan mendapat tiket calon presiden pada Pilpres 2024. Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menilai pernyataan tersebut rasional lantaran memiliki dua faktor penentu. Pertama, perolehan kursi pada Pileg 2019 yang hanya 10,3 persen.

Sementara, persyaratan presidential threshold 20 persen. Artinya, baru bisa mengusung Anies jika minimal bisa mendapat tambahan 9,7 persen.

“Jadi, perolehan suara memang tidak cukup untuk mengusung Anies menjadi capres. perlu sokongan dari partai lain, seperti Partai dan , yang belakangan ini intens berkomunikasi melalui tim kecil,” kata Jamiluddin, dikutip dari RMOL, Minggu, 13 November 2022.

Dalam analisanya, jika salah satu dari dua partai itu tidak mau berkoalisi dengan Nasdem, maka sudah pasti Anies tidak dapat diusung menjadi capres. Kecuali ada partai lain, seperti PAN atau PPP yang tiba-tiba beralih mendukung Anies.

Sementara faktor yang kedua, ada gangguan dari pihak eksternal yang terkesan besar. Indikasi itu bahkan sudah dinyatakan , yang mengaku sudah didekati untuk berpindah haluan dari Anies.

“Gangguan seperti itu tentu akan terus dilakukan untuk menggagalkan Anies menjadi capres. Sebab, para pihak oligarki memang tidak menghendaki Anies untuk maju menjadi capres. Bagi mereka, Anies sangat membahayakan eksistensinya,” ucapnya.

“Gangguan yang besar itu tampaknya menghawatirkan Surya Paloh akan terwujudnya koalisi Nasdem, , . Surya khawatir ada di antara partai itu yang kemudian pindah haluan,” tutup Jamiluddin.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here