Thursday, 2 May 2024
HomeNasionalTanggal 28 November 2022 Memperingati hari apa? Simak Penjelasannya di Sini

Tanggal 28 November 2022 Memperingati hari apa? Simak Penjelasannya di Sini

Bogordaily.net – Tanggal 28 November 2022 memperingati hari apa? Tahun ini tanggal ini jatuh pada hari Senin. Di hari ini ada sejumlah peringatan yang bisa dirayakan di tanah air.

Satu diantaranya adalah peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia. Selain itu, ada juga peringatan Hari Dongeng Nasional hari ini.

Berikut ini ulasan dan penjelasan mengenai peringatan hari-hari tersebut.

Hari Menanam Pohon Indonesia

Peringatan ini selalu dirayakan setiap tanggal 28 November. Hari ini ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 21 Oktober 2008, melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia.

Tujuan adalah untuk memasyarakatkan gerakan tanam dan pelihara pohon secara nasional sebagai sikap hidup dan budaya bangsa.

Peringatan hari ini dilatarbelakangi pencanangan Aksi Penanaman Serentak Indonesia dan Pekan Pemeliharaan Pohon di Desa Cibadak, Tanjungsari, Kabupaten Bogor pada tanggal 28 November 2007.

Aksi ini menjadi awal dimulainya kegiatan menanam selama bulan Desember 2007 sebagai Bulan Menanam Nasional. Oleh karena itu, berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2008, Hari Menanam Pohon Indonesia dilanjutkan dengan penetapan bulan Desember sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional.

Gerakan ini diharapkan dapat menjadi momentum strategis dalam mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan.

Hari Dongeng Nasional

Peringatan ini sudah ada sejak 2015. Para penggiat dongeng memilih tanggal ini karena merupakan hari kelahiran legenda dongeng Indonesia, Suyadi atau yang dikenal sebagai Pak Raden.

Kecintaan Pak Raden pada dunia anak-anak, cerita dan lagu telah menginspirasi banyak orang. Bahkan, hingga akhir hayatnya, Pak Raden terus berpartisipasi, berkontribusi, dan berjuang dalam menghadirkan dongeng di tengah masyarakat.

Dedikasinya pada dongeng inilah yang menginspirasi lahirnya Hari Dongeng Nasional. Adanya hari ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran dongeng dalam membawa kebaikan di kehidupan masyarakat.

Hari Dongeng Nasiona menjadi momentum untuk mengingatkan bahwa dongeng masih perlu mendapatkan perhatian yang lebih besar dari seluruh masyarakat Indonesia.

Demikian ulasan mengenai dari besar yang jatuh ada hari ini. Jadi sudah tahu tanggal 28 November 2022 memperingati hari apa?.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here