Wednesday, 1 May 2024
HomeKabupaten BogorTerungkap! Begini Cara Wanita Ini Bikin Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol

Terungkap! Begini Cara Wanita Ini Bikin Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol

Bogordaily.net–  Tersangka kasus penipuan yang membuat terjerat () telah ditangkap . Tersangka merupakan wanita berinisial SAN (29) yang diamankan di Ciomas, Kabupaten Bogor.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imannudin mengatakan, awalnya tersangka menawarkan kerja sama kepada para korban dengan alasan untuk meningkatkan rating penjualan toko online.

Kemudian ia menyarankan para korban untuk melakukan kerjasama dengan mengaktifkan Shopee Pay Latter, Shopee Pinjam, Kredivo dan Akulaku sebagai modal usaha dengan keuntungan hingga 10 sampai 15 persen.

“Selama ini yang bersangkutan hanya melakukan pinjam jual beli di marketplace. Pelaku mengiming-imingi keuntungannya hingga mencapai 15 persen atas setiap transaksi yang dilakukan korban melalui toko online tersebut,” ujar AKBP Iman Imannudin saat konferensi pers di Mapolres Bogor, Jumat, 18 November 2022.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan, kata Iman aplikasi ini mempunyai legalitas.

Pertemuan para tersangka dengan korban kata Kapolres berawal saat SAN mengadakan acara seminar dan mengumpulkan para mahasiswa. Korban lalu diberikan penjelasan tentang bagaimana skema serta bisnis yang ditawarkan.

“Total jumlah korban sekitar 317 orang dengan estimasi kerugian dari keempat platform sebesar Rp2,3 miliar,” terang AKBP Iman Imannudin.

Polisi menyita barang bukti yang sudah berhasil diamankan yakni satu unit mobil, satu buah handphone, satu buah buku tabungan Bank BCA atas nama SAN dan satu buah kartu ATM Bank BCA.

Akibat perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 378 KUHP dan pasal 372 KUHP dengan ancaman maksimal empat tahun penjara.

Hingga saat ini, masih mengembangkan penyidikan terkait dugaan keterlibatan pihak lain. Selain itu, juga masih membuka posko pengaduan perihal kasus tersebut, baik korban yang datang langsung ke Polres Bogor atau ke Polsek Dramaga.

Sebelumnya diberitakan ratusan tertipu kasus penipuan investasi bodong dengan modus diajak kerja sama untuk membesarkan usaha penjualan online. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here