Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaTidak Menjadi Perhatian, Ini 5 Penyebab Bau Badan

Tidak Menjadi Perhatian, Ini 5 Penyebab Bau Badan

Bogordaily.net atau bau ketiak yang terlalu menyengat bisa terjadi pada siapa pun yang mulai beranjak dewasa. Yuk, simak penjelasan selengkapnya tentang penyebab yang kalian anggap sepele.

Setiap orang memiliki yang unik dan sering dikaitkan dengan bau yang tidak sedap. Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan perubahan pada .

Namun, perlu diketahui bahwa juga dapat menandakan adanya masalah , terutama jika terjadi secara mendadak dan terus-menerus.

Berikut penyebab jarang kamu ketahui.

1. Stres

Penyebab yang pertama adalah karena mengalami stres. Hal ini tak lain karena keringat dihasilkan kelenjar keringat yang disebut kelenjar apokrin.

Di mana kelenjar apokrin ini menghasilkan keringat yang kurang berair dan bakteri dari lemak dan protein yang bercampur. Hal ini lah yang dapat memicu .

2. Sering Mengonsumsi Alkohol

Seseorang akan cenderung lebih muda berkeringat ketika mengonsumsi minuman alkohol. Alkohol akan melalui darah kamu dan seluruh tubuh, beberapa keluar melalui pori-pori, dan melalui napas. Tak peduli jenis alkohol yang kamu minum, sekali tubuh memecahnya aromanya bisa sama.

3. Obesitas atau Berat Badan Berlebih

Orang yang memiliki berat badan berlebih cenderung mengalami masalah tak sedap. Bukan tanpa alasan mereka yang obesitas memiliki bau badan tak sedap.

Hal ini lantaran penderita obesitas memiliki pori-pori yang tersembunyi begitu banyak dalam lipatan tubuhnya. Area di mana biasanya hangat, gelap serta beruap. Sehingga bakteri anaerobik akan berkembang dengan pesat pada area tersebut. Akibatnya akan muncul bau tak sedap pada tubuh kalian.

4. Bakteri

Bakteri yang berasal dari luar keringat yang biasanya berkembang biar di suatu lingkungan lembap dan memiliki banyak nutrisi dapat menyebabkan badan kita menjadi bau. Biasanya terjadi karena keringat telah tercampur dengan bakteri dan mengubah keringat menjadi asam.

5. Deterjen

Sebenarnya, ada beberapa senyawa kimia di dalam deterjen, yang bisa memunculkan reaksi pada tubuh kita, namun hal tersebut tidak banyak yang menyadarinya. Reaksi yang terjadi juga dapat menghasilkan pelepasan aroma yang tidak sedap ketika bercampur dengan keringat dari tubuh kita.

Selain itu, ketika kita tidak membilas atau mengeringkan pakaian kita dengan baik, maka akan terjadi penumpukan molekul sabun pada serat kain. Tumpukan sabun tersebut, apabila menjadi lembap baik itu karena terkena keringat kita, akan memunculkan bau yang tidak sedap juga.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here