Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalTingkatkan Kemandirian Ekonomi, Kelompok Dosen dan Mahasiswa PNJ Lakukan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

Tingkatkan Kemandirian Ekonomi, Kelompok Dosen dan Mahasiswa PNJ Lakukan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

Bogordaily.net – Kelompok jurusan Teknik mesin Politeknik Negeri Jakarta (), mengadakan kegiatan dalam meningkatkan kemandirian ekonomi melalui pemanfaatan lahan terbatas dengan menggunakan hydroponik bertenaga surya.

Pelaksanaan dilaksanakan secara langsung di Kelurahan Pangkalan Jati Baru, khususnya di RT 02/04, Cinere, Depok yang berlokasi 10,8 km dari kampus Politeknik Negeri Jakarta, pada Minggu 13 November 2022.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh Lurah Pangkalan Jati Baru RT 04, Ibu PKK, Mahsiswa serta .

Rahmat Subarkah Dosen Teknik Mesin selaku ketua pelaksana kegiatan, memberikan beberapa fakta menarik terkait alat hidroponik yang dihibahkan.

Pertama, alat yang didesain dan dirakit merupakan kolaborasi antara Program Studi Pembangkit Tenaga Listrik dan Program Studi Konservasi Energi jurusan Teknik Mesin .

Kedua, alat hidroponik yang dihibahkan merupakan alat yang ramah lingkungan karena menggunakan solar panel sebagai sumber energi. Hal ini tentunya berdampak baik bagi seluruh pihak.

Dalam kegiatan ini, mahsiswa dapat menerapkan dan mengaplikasikan langsung ilmu yang diterima kepada masyarakat. Sebaliknya, masyarakat juga dapat merasakan dan memanfaatkan hasil karya .

Diharapkan alat ini dapat membantu memenuhi kebutuhan sayur mayur untuk masayarakat dengan lahan yang terbatas, sehingga dapat meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat sekitar.

Adapun Sarmili selaku Lurah Pangkalan Jati Baru menyambut hangat atas hibah solar hidroponik yang diberikan.

Sarmili mengapresiasi inisiatif dari tim dosen dan Politeknik Negeri Jakarta.

“Harapan nya agar kedepan alat hibah ini dapat menjadi awal kontribusi berkelanjutan untuk selanjutnya,” ujarnya.

Senada dengan Lurah, warga berharap program hidroponik ini dapat berkesinambungan, dan dilanjutkan dengan program lainnya seperti program pemberdayaan perempuan, program penyuluhan perawatan hidroponik, program penyuluhan cara bercocok tanam serta program penambahan sarana prasarana khususnya untuk warga kelurahan Pangkalan Jati Baru.(*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here