Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaWaspada, Omicron XBB Lebih Cepat Menular!

Waspada, Omicron XBB Lebih Cepat Menular!

Bogordaily.net – Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr Reisa Broto Asmoro mengungkapkan terkait Varian XBB dari Covid-19 yang hingga saat ini terus bermutasi dengan adanya varian sub varian XB.

Varian jenis ini dinilai cepat menular. Dikatakan Reisa, tingkat penularannya mencapai 1,7 kali lebih cepat. Jika dibandingkan dari varian , Delta dan Alpha.

“Kalau kita lihat mutasi XBB sendiri, memang dia lebih cepat menular, dibandingkan Delta maupun Alpa. Ternyata XBB lebih menular lagi dari varian-varian lainnya, meningkat 1,7 kali lebih cepat penularannya,” kata Reisa saat Siaran Sehat di YouTube RRI Net Official, Selasa, 8 November 2022.

XBB merupakan turunan dari asli (BA.2) yang sudah hadir di 28 negara, termasuk Indonesia.

Hal itu terjadi kenaikan kasus yang terjadi di beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, India, dan lain-lain.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan sudah ada 12 kasus XBB di Indonesia. Namun semuanya, dikatakan hanya mengalami gejala ringan, bahkan cukup melakukan isolasi mandiri (isoman).

Dari ke-12 kasus dilaporkan, dua kasus merupakan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dari Singapura. Sementara ke-10 kasus, dikatakan hanya transmisi lokal.

“XBB semulai ada satu tambah lagi ada empat dan totalnya ada 12, dua PPLN dari Singapura dan 10 itu transmisi lokal tapi Alhamdulillah dari semuanya tidak mengalami gejala berat dan hanya isoman dan kemudian sembuh,” ungkap juru bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril baru-baru ini.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here