Wednesday, 24 April 2024
HomeKabupaten Bogor20 Orang Jadi Korban TPPO, Polres Bogor Tangkap Dua Mantan TKW

20 Orang Jadi Korban TPPO, Polres Bogor Tangkap Dua Mantan TKW

Bogordaily.net – Dua orang perempuan ditetapkan sebagai tersangka Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Mereka berinisial L dan SH alias D ditangkap oleh Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) , pada Rabu, 7 Desember 2022.

Dari keterangan polisi, L diduga menjadi penyalur di Parung Panjang sedangkan SH alias D merupakan perekrut di Bandung. Sebanyak 20 korban diduga berhasil dikelabui oleh kedua tersangka dengan mengiming-imingi gaji sekitar 1.500 ringgit atau setara dengan Rp 5,5 juta untuk bekerja sebagai di Malaysia.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanudin menyebut sudah ada 16 orang yang diberangkatkan dan empat orang korban berhasil dicegah sebelum keberangkatan karena pihaknya mendapatkan laporan dari call center 110 .

“Total semua 20 orang, dari setiap keberengakatan yang berhasil. Para pelaku menerima keuntungan masing-masing Rp 3 juta,” ujar AKBP Iman Imanudin saat konferensi pers pada Rabu, 7 Desember 2022.

Modus yang dilakukan tersangka kata AKBP Iman yakni dengan cara membuat edaran atau pengumuman di sosial media Facebook agar korban tertarik untuk bekerja ke Malaysia menjadi pekerja migran Indonesia.

juga sudah menyita beberapa barang bukti seperti 6 unit handphone, 2 buah paspor, 1 lembar print out kode booking penerbangan lion air JT-372 Jakarta ke Batam, 3 buah karti debit, 2 buah tabungan, 1 bundel surat-surat pribadi, 1 buah buku catatan dan 1 buah setrika.

Di tempat yang sama, Kasat Reskrim AKP Yohanes Redhoi Sigiro menjelaskan kedua tersangka merupakan mantan . Maka dari itu, kata dia tersangka sudah memahami seluk beluk penipuan dengan modus Tenaga Kerja Wanita ().

“Jadi tersangka ini merupakan mantan juga. Jadi mereka sudah tahu selahnya,” ujar AKP Yohanes.

Ia menyebut, peran tersangka L ini langsung berhubungan dengan pihak di Malaysia secara ilegal. Kemudian, kata dia, L bekerjasama dengan D di Bandung untuk merekrut agar mengirimkan korban ke Parung Panjang sebagai tempat penampungan.

Akibat perbuatannya tersebut, kepolisian menjerat tersangka dengan pasal 10 Jo, pasal 4 UU RI No.21 Tahun 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang atau pasal 81 Jo, pasal 69, pasal 83 Jo, pasal 68 UU RI No.18 Tahun 2017 tentang perlindungan migran Indonesai.

Kedua tersangka tersebut akan mendekam di dalam penjara minimal tiga tahun dan maksimal lima belas tahun pidana dengan denda paling sedikit Rp 120 juta dan paling banyak Rp 600 juta. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here