25 Pelaku Usaha IKM Terima Sertifikasi Halal

Menu

Mode Gelap
Info Terkini Gempa, BMKG: Terjadi di Kepulauan Talaud Sulut dan China Harga Emas Antam Hari Ini, Senin 30 Januari 2023 Jadwal Layanan SIM Keliling di Kota Bogor, Senin 30 Januari 2023 Prakiraan Cuaca Kota Bogor Hari Ini Senin, 30 Januari 2023 Info Terkini Gempa Menurut BMKG, Sabtu 28  Januari 2023

Ekonomi · 9 Dec 2022 18:50 WIB

25 Pelaku Usaha IKM Terima Sertifikasi Halal


 Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah Dwikorawati menghadiri gelar produk halal 2022.(Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah Dwikorawati menghadiri gelar produk halal 2022.(Istimewa/Bogordaily.net)

IIMS

Bogordaily.net–  Setelah melalui proses yang cukup panjang selama 5 bulan, sebanyak 25 Industri Kecil Menengah (IKM) akhirnya mendapatkan sertifikasi halal. Pemberian sertifikasi halal tersebut bersamaan dengan dihadirkannya kembali ‘Gelar Produk Halal’ yang sebelumnya sempat matisuri selama empat tahun. Selain itu dalam helaran kali ini juga dihadirkan produk IKM yaitu Bolu Kukus Siliwangi jumbo dengan ukuran 1,5 meter x 1 meter di Mall Boxies 123, Tajur Kota Bogor.

Raut kebabahagian terpancar dari 40 IKM yang sedang mengikuti pameran ‘Gelar Produk Halal’. Bagaimana tidak, setelah lama vakum para IKM ini kembali bisa memasarkan produknya di Mall .

‘’Alhamdulilah produk yang saya bawa hari ini nyaris ludes,” ujar Indras Grassyantie yang merupakan owner Dapur Mamoz yang memproduksi Keripik Kulit Ikan Salmon ‘Rakukan’.

Indras adalah satu di antara 25 pelaku IKM yang telah menerima sertifikat halal. Menurutnya mendapatkan sertifikat halal itu secara tidak langsung telah membuatnya semakin lebih percaya diri dalam memasarkan produknya.

‘’Dengan mengantongi Sertifikasi Halal ini produk kami lebih diterima terutama di pasar yang lebih besar, misalnya Toko Oleh Oleh, Supermarket dan yang utama ‘trustee’ (kepercayaan) konsumen semakin meningkat terhadap produk kami,’’lanjutnya.

Untuk itu Indras merasa terbantu dengan pendampingan yang telah diberikan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kota Bogor selama proses sertifikasi.

Dalam kesempatan ini Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah Dwikorawati mengatakan Kota Bogor di tahun 2010 sudah mengeluarkan peraturan wali kota sebagai Kota Halal. Di tahun yang sama Kota Bogor juga sudah menggelar Bazaar Halal Festival. Sayangnya kegiatan yang seharusnya dilaksanakan setiap tahun itu sempat vakum selama empat tahun, dua tahun di antaranya efek pandemi covid-19.

‘’Nah jadi sekarang kita coba hidupkan lagi. Mudah-mudahan setiap tahun kita bisa selenggarakan, bahkan jauh lebih besar. Karena yang namanya produk halal itu tidak hanya apa yang kita makan dan minum tetapi juga apa yang kita pakai,’’ujar Syarifah.

Kedepan, lanjut Syarifah pihaknya meminta Disperindag untuk juga menambahkan sertifikasi halal untuk obat, kosmetik dan fashion.

‘’Masih banyak orang yang menggunakannya karena ketidaktahuannya. Untuk itulah kita edukasi buat kita sebagai konsumen untuk memilih barang yang kita yakini aman,’’ tambahnya.

Selain itu Syarifah juga menyebutkan saat ini targetnya agar seluruh IKM yang mampu segera mengurus sertifikasi halalnya, semenara itu untuk IKM yang kurang mampu secara bertahap kita bantu.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kota Bogor Ganjar Gunawan mengatakan hasil pendataan IKM tahun 2021 sebanyak 1.189 dan yang sudah diberikan sertifikat halal sebanyak 45 IKM.

Sementara itu tahun 2022 IKM aktif yang terdata melonjak menjadi 1.766 dan yang diberikan sertifikasi halal sebanyak25 IKM. Saat ditanya mengapa jumlahnya jauh lebih sedikit, kata Ganjar disesuaikan dengan anggaran.

’’Terus terang kami sebenernya menginginkan yang lebih banyak, tetapi saat ini anggaran yang kami terima hanya mampu untuk membetikan sertifikasi terhadap 25 IKM, mengingat ada skaala priorotas yang harus kita pertimbangkan juga,’’ ujarnya.***

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Jd Id Bangkrut, Ini Kata Bosnya!

30 January 2023 - 17:51 WIB

Jd Id Bangkrut, Ini Kata Bosnya!

BRI Journalist Bootcamp 2023, Wujud Kolaborasi Tebarkan Social Value “Memberi Makna Indonesia”

30 January 2023 - 15:47 WIB

BRI Journalist Bootcamp 2023.

Harga Emas Antam Hari Ini, Senin 30 Januari 2023

30 January 2023 - 09:08 WIB

Harga Emas Antam Senin

KUR BRI 2023 Kapan Dibuka Lagi? Berikut Jadwal Serta Syarat Lengkap Pinjaman

29 January 2023 - 15:25 WIB

KUR BRI 2023 kapan dibuka

Dirut BRI Beberkan 6 Faktor Penentu Keberlanjutan Industri Perbankan Indonesia

29 January 2023 - 11:02 WIB

Dirut BRI Sunarso

Segini Harga Pasang CCTV di Aneka Komputer Bogor

28 January 2023 - 20:19 WIB

Harga CCTV Bogor
Trending di Ekonomi