Saturday, 4 May 2024
HomeNasional29 Desember Memperingati Hari Apa? Cek di Sini!

29 Desember Memperingati Hari Apa? Cek di Sini!

Bogordaily.net – 29 Desember memperingati hari apa? Tanggal 29 Desember jatuh pada hari Kamis. Pada hari ini, umat Hindu Bali melaksanakan perayaan Sugihan Jawa.

Selain itu, terdapat beberapa peringatan lain pada hari ini. Berikut ini adalah beberapa hari penting yang jatuh pada tanggal 29 Desember 2022.

Sugihan Jawa

Sugihan Jawa jatuh pada hari Kamis Wage wuku Sungsang. Ini adalah hari suci yang diadakan setiap 210 hari sekali. Kata “sugi” berarti membersihkan dan “jawa” berarti luar. Sugihan Jawa adalah upacara yang bertujuan untuk membersihkan Bhuana Agung atau alam semesta (makrokosmos).

Ini adalah bagian dari perayaan Galungan dan Kuningan yang dimulai pada hari Saniscara Kliwon wuku Wariga atau yang lebih dikenal sebagai Tumpek Wariga.

Pada hari ini, tindakan penyucian dilakukan dengan membersihkan pelinggih atau tempat-tempat suci yang digunakan sebagai tempat pemujaan, serta membersihkan lingkungan, termasuk pura, tempat tinggal, dan peralatan upacara di masing-masing tempat suci.

 

Hari Cello Internasional

Hari Cello Internasional diperingati pada tanggal 29 Desember setiap tahun. Ini adalah hari penting bagi semua pemain cello di seluruh dunia, serta komposer, konduktor, dan penggemar musik. Selain untuk merayakan alat musik senar ini, Hari Cello Internasional juga diadakan untuk memperingati hari lahir pemain cello dan komposer terkenal, Pablo Casals.

Cello adalah alat musik senar yang terdiri dari empat senar yang disetel untuk menghasilkan harmoni yang sempurna. Ini terlihat seperti biola besar yang bisa dimainkan sambil duduk dengan memegangnya di antara kedua kaki.

Pablos Casals lahir pada tanggal 29 Desember 1876 di El Vendrell, Catalonia. Ia dinobatkan sebagai “the greatest musician ever to draw bow” oleh Fritz Kreisler, seorang pemain biola dan komposer terkenal.

Demikian ulasan dan penjelasan mengenai tanggal 29 Desember Memperingati Hari Apa.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here