Monday, 29 April 2024
HomeNasional30 Desember Hari Memperingati hari Apa? Cek di Sini!

30 Desember Hari Memperingati hari Apa? Cek di Sini!

Bogordaily.net – 30 Desember memperingati hari apa? Tanggal 30 Desember 2022 jatuh pada hari Jumat. Pada hari ini, masyarakat Hindu Bali mengadakan acara Sugihan Bali.

Selain itu, ada juga beberapa acara lain yang diperingati pada hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 30 Desember 2022:

Sugihan Bali

Sugihan Bali yang jatuh pada tanggal 30 Desember adalah hari untuk memohon pembersihan jasmani dan rohani. Sugihan Bali berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu sugi yang artinya membersihkan dan bali yang berarti kekuatan yang ada dalam diri. Jadi, Sugihan Bali adalah upacara yang bertujuan untuk membersihkan buana alit atau mikrokosmos (manusia), sehingga bersih dari perbuatan-perbuatan yang ternoda. Pembersihan dapat dilakukan dengan penglukatan menggunakan sarana bungkak nyuh gading.

Sugihan Bali jatuh pada hari Jumat Kliwon wuku Sungsang atau sehari setelah Sugihan Jawa. Hari suci masyarakat Hindu Bali ini merupakan rangkaian pelaksanaan hari raya Galungan dan Kuningan yang dimulai pada saniscara Kliwon wuku Wariga atau yang lebih dikenal dengan Tumpek Wariga.

Kajeng Kliwon Enyitan

Pada tanggal 30 Desember 2022, masyarakat Hindu Bali juga merayakan Kajeng Kliwon Enyitan. Kajeng Kliwon Enyitan adalah salah satu dari hari suci Kajeng Kliwon. Kajeng Kliwon Enyitan adalah Kajeng Kliwon setelah bulan mati. Kajeng Kliwon sendiri adalah hari suci bagi masyarakat Hindu Bali yang disakralkan dan dikeramatkan.

Hari ini disebut rahinan keramat karena merupakan waktu bagi para bhuta kala turun untuk mengganggu orang, terutama orang yang tidak mengikuti ajaran dharma atau kebenaran.

Pada hari ini, masyarakat Hindu diharapkan bisa mengekang hawa nafsunya sehingga tercipta kedamaian dalam diri dan sekitarnya. Masyarakat Hindu diminta menghaturkan banten atau upakara dan bersembahyang.

Demikian ulasan mengenai Jadi, sudah tahu ada peringatan aja saja hari ini?***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here