Friday, 29 March 2024
HomeBerita5 Manfaat Daun Binahong, Mempercepat Penyembuhan Luka

5 Manfaat Daun Binahong, Mempercepat Penyembuhan Luka

Bogordaily.net – Tanaman binahong banyak dibudidayakan di pekarangan. Tidak heran, binahong termasuk dalam Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Selain termasuk dalam TOGA, manfaat dari juga sangat banyak lho.

Dikutip dari laman Unimus, binahong adalah tanaman menjalar dari dataran China, dengan nama asli dheng san chi. Tumbuhan ini terutama bagian daun, bersifat antimikroba yang bermanfaat bagi penyembuhan luka bakar.

Lantas, manfaat apa saja yang ada pada ?

1. Mempercepat Penyembuh Luka Bakar

Kandungan yang terdapat dalam sebagai penyembuh luka bakar, antara lain flavonoid, saponin, dan tannin.

Saponin bertindak sebagai antiseptik sehingga bisa mencegah infeksi bakteri. Selain itu, senyawa ini bisa mempercepat pembentukan kolagen. Flavonoid dalam juga terbukti efektif untuk mengurangi peradangan pada luka.

Sementara tannin bisa mengecilkan pori-pori kulit luka, menghentikan keluarnya nanah, dan menghentikan pendarahan ringan sehingga luka mudah tertutup.

2. Mencegah Diabetes

Rebusan sudah digunakan secara turun temurun sebagai obat diabetes. Penelitian mendukung manfaat satu ini saat menunjukkan penurunan kadar gula setelag mengonsumsinya.

Senyawa aktif flavonoid, steroid, dan coumarin dalam memainka peran dalam khasiat ini. Cara kerjanya dengan menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus serta meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin.

3. Mengobati Hipertensi dan Mencegah Penyakit Jantung

Selain mencegah diabetes, kandungan dalam esktrak juga bisa mempunyai efek menurunkan detak jantung dan meningkatkan produksi urin.

Selain itu, ekstrak diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah.
Kombinasi efek mengobati hipertensi dan penurunan kolesterol ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

4. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Ekstrak juga berkhasiat dalam meningkatkan fungsi ginjal, terutama pada kondisi gagal ginjal kronis.
Manfaat ini telah dibuktikan dengan beberapa penelitian yang menunjukkan perbaikan sel ginjal setelah mengonsumsi ekstrak daun binahong.

5. Mengobati Asam Urat

Manfaat daun binahong sebagai obat asam urat sudah didukung oleh banyak studi. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid yang bisa menghambat pembentukan asam urat.

Nah, itulah beberapa manfaat daun binahong.
Meskipun dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit, sebagian di antaranya masih memerlukan penelitian lebih lanjut.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here