Saturday, 27 April 2024
HomeBerita5 Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan, Bantu Perkuat Daya Ingat

5 Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan, Bantu Perkuat Daya Ingat

Bogordaily.net – Beberapa orang sulit karena harus menyelesaikan pekerjaan dan memiliki aktivitas yang padat. Padahal, memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita.

yang cukup tidak hanya baik untuk fisik, tetapi juga mental. Untuk mendapatkan berbagai manfaat ini, Anda disarankan untuk tidak tidur telalu lama dan memilih waktu yang tepat, misalnya saat sedang luang atau tidak ada jadwal penting di kantor.

Berikut ini adalah berbagai manfaat yang baik untuk tubuh:

1. Meningkatkan Imunitas

Kurang tidur kronis yang berulang dapat memengaruhi fungsi neuroendokrin dan sistem kekebalan dengan meningkatkan molekul inflamasi yang dikenal sebagai sitokin, serta hormon stres seperti kortisol dan norepinefrin.

Sebuah studi mengungkapkan, seseorang yang waktu tidurnya terbatas di malam hari, tes darah dan urine menunjukkan kadar sitokin dan kadar norepinefrin yang lebih tinggi. Namun, saat diberikan kesempatan untuk , sampel darah dan urinenya menunjukkan tingkat sitokin dan norepinefrin telah kembali normal, seolah-olah tidak pernah kehilangan waktu tidur.

2. Menambah Fokus di Malam Hari

Buat kamu yang bekerja di malam hari, sejumlah penelitian mengungkapkan, selama 30 menit sampai 4 jam, bisa meningkatkan kinerja dan fokus.

Walaupun demikian, studi lain menjelaskan bahwa bisa meningkatkan kinerja dan fokus yang lebih lama ketimbang kafein.

3. Memperbaiki suasana hati

Tidur siang juga baik untuk memperbaiki suasana hati. Jika Anda sedang merasa stres, cemas, atau gelisah, cobalah untuk melakukan relaksasi dengan tidur siang sejenak.

Saat stres telah terkendali, Anda pun akan merasa lebih santai dan suasana hati bisa membaik. Hal ini dapat mengurangi risiko Anda terkena gangguan mental, seperti depresi.

4. Meningkatkan daya ingat

Manfaat tidur siang diketahui baik untuk menambah energi dan kinerja otak. Suatu riset menyebutkan bahwa rutin tidur siang bisa bermanfaat untuk menambah daya ingat atau memori dan kemampuan untuk mengolah informasi atau mempelajari hal-hal baru.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mempelajari atau menghafal materi, sebaiknya dilakukan setelah tidur siang. Hal ini mampu membuat Anda lebih fokus dan mudah mengingatnya. Tidur siang pun dipercaya baik untuk mencegah pikun atau demensia.

5. Menambah jam tidur

Sebagian orang mungkin bekerja secara shift atau jadwal yang bergantian, sehingga kurang tidur di malam hari. Untuk mencukupi waktu tidur tersebut, tidur siang bisa menjadi pilihan.

Untuk orang yang sulit tidur di malam hari karena kesibukan tertentu, pembagian waktu tidur menjadi 1–1,5 jam di siang hari dan sekitar 6 jam di malam hari, bisa menjadi pilihan. Pola tidur ini dinamakan tidur bifasik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here