Sunday, 28 April 2024
HomeHiburan6 Kesalahan Saat Keramas yang Bikin Rambut Rusak dan Rontok

6 Kesalahan Saat Keramas yang Bikin Rambut Rusak dan Rontok

Bogordaily.net – Meskipun terlihat mudah, ternyata masih ada sebagian wanita yang melakukan kesalahan saat hingga tanpa disadari bikin rambut rusak dan kusut. Lalu kesalahan seperti apa yang harus dihentikan agar tidak merusak rambut?

bukan sekadar kegiatan mencuci rambut dengan menggunakan sampo, melainkan menutrisi dan membersihkan rambut. Namun banyak yang tidak menyadari kesalahan ketika malah dapat merusak rambut, termasuk membuatnya .

Agar tak melakukan hal serupa, berikut adalah lima kesalahan paling umum dilakukan saat yang bisa memicu berbagai masalah rambut, dikutip dari Berbagai sumber.

1. Tidak membasahi rambut secara menyeluruh

Entah karena terburu-buru atau aliran air dari shower tidak terlalu deras yang menyebabkan rambut tidak basah secara menyeluruh.

Perlu diketahui, setiap helai rambut perlu dibasahi agar manfaat sampo dalam membersihkan rambut dari kotoran dan minyak lebih maksimal.

Terlebih jika rambut yang kita miliki terbilang lebat. Hal ini memerlukan lebih banyak waktu untuk memastikan rambut basah semua sebelum mulai keramas.

2. Sering keramas

Keramas merupakan langkah yang paling tepat untuk membersihkan rambut dan kulit kepala, namun jika dilakukan terus menerus dapat merusak rambut. Sering keramas dapat menghilangkan minyak alami yang ada di kulit kepala.

Tak hanya itu, keseringan keramas pun dapat menyebabkan akar melemah hingga membuat rambut menjadi . Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk tidak mencuci rambut lebih dari empat kali dalam seminggu.

3. Tidak gunakan kondisioner

Kondisioner merupakan produk hair care berbentuk kental yang dapat melembutkan dan menghaluskan rambut, sehingga membuat rambut mudah diatur. Tak hanya itu kandungan yang ada di kondisioner pun dapat menutrisi akar rambut agar tetap kuat dan tidak mudah .

Oleh karena itu, jangan pernah melewatkan penggunaan kondisioner agar rambut tetap kuat, sehat, dan terhindar dari kerontokan.

4. Memijat kepala dengan cara salah

Memijat kulit kepala saat keramas sangat bagus untuk meningkatkan sirkulasi, memperkuat rambut, dan membuat kulit kepala menjadi rileks. Namun, jika dilakukan dengan cara yang salah malah dapat membuat rambut menjadi rusak, patah, , hingga berminyak.

Hal ini terjadi karena saat basah rambut cenderung lebih lemah, sehingga sangat disarankan untuk pelan-pelan memijat kulit kepala agar tidak merusak rambut.

5. Menumpuk rambut di atas kepala

Apakah kamu sering menumpuk rambut di atas kepala saat keramas? Jika benar, maka kamu sudah melakukan kesalahan keramas yang bikin rambut rusak dan kusut lho.

Menumpuk rambut di atas kepala bisa membuat rambut kusut, kasar, hingga . Oleh karena itu, saat keramas biarkan rambut terurai agar tidak rusak dan kusut.

6. Menggunakan air hangat

Mandi menggunakan air hangat memang bisa membuat tubuh lebih rileks. Tapi ketika keramas kamu tidak boleh membilas rambut menggunakan air hangat.

Hal ini dikarenakan air hangat dapat menghilangkan minyak rambut sehingga menjadi kering dan dehidrasi. Kesalahan keramas inilah yang membuat rambut lebih gampang rusak, kering, bercabang, dan kusut.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here