Thursday, 23 May 2024
HomeHiburan7 Doa untuk Kedua Orang Tua dalam Berbagai Situasi, yuk Dibaca!

7 Doa untuk Kedua Orang Tua dalam Berbagai Situasi, yuk Dibaca!

Bogordaily.net– Dalam agama Islam, ada beberapa bacaan untuk kedua orang tua dalam berbagai situasi. Mulai untuk orang tua yang sakit, agar disayang Allah SWT hingga yang meninggal dunia. Dilansir Suara.com, berikut ini kumpulan untuk orang tua yang bisa dipanjatkan pada momen kali ini.

untuk orang tua sakit

Berikut bacaan latin untuk orang tua sakit yang bisa kita panjatkan kepada Allah SWT dengan niat memohon kebaikan dan kesembuhan untuk ayah dan ibu.

Allahumma robbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama

Artinya:

Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

untuk orang tua supaya disayang Allah

Berikut bacaan latin untuk orang tua supaya disayang Allah SWT.

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa.

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil.”

Doa untuk Orang tua agar diampuni dosa-dosanya

Berikut bacaan agar diampuni dosa-dosanya.

Rabbirhamhuma kama rabbayani shaghiran

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dan kedua orang tuaku sebagaimana keduanya mengasuhku ketika kecil,” (Surat Al-Isra ayat 24).

Doa di

Dilansir NU Online, ada doa di yang berasal dari Kitab Ihya Ulumiddin sebagaimana disebutkan oleh Imam Al-Ghazali berikut ini.

Rabbighfir li wa li walidayya warhamhuma kama rabbayani shaghiran, waghfir lil mu'minina wal mu'minati, wal muslimina wal muslimat al-ahya'I minhum wal amwati.

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dan kedua orang tuaku sebagaimana keduanya mengasuhku ketika kecil. Ampunilah orang beriman dan orang Islam baik laki-laki maupun perempuan, yang masih hidup dan yang sudah wafat,” (Imam Al-Ghazali, Ihya'i Ulmiddn, [Kairo, Darus Syi'b: tanpa tahun], halaman 578).

Doa untuk orang tua agar panjang umur

Berikut ini bacaan doa untuk orang tua agar panjang umur dan artinya.

Allahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati alahyaa'l minhum wal amwaati, wataabi'bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil adhiimi.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

Doa untuk kedua orang tua yang telah meninggal dunia

Allahummaghfir lahu warhamhu wa'aafihi aa'fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi'madkhalahu, waghsilhu bil maa i watsalji walbarodi wa naqqihi minal khathaa ya kamaa yunaqqats tsawbul abyadhu minad danas

Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khiran min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a'idzhu min ‘adzaabul qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar

Artinya: “Ya Allah, ampuni, rahmati, bebaskan, dan lepaskanlah kedua orang tuaku. Muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Doa untuk orang tua yang telah meninggal

Robbanaghfirlii waliwalidayya walilmu'miniina yauma yaquumul hisaab.

Artinya: “Ya Rabb kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” (QS. Surat Ibrahim: 41)

 

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here