Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaAgar Bebas Jerawat, Begini Cara Cuci Muka Kulit Berminyak  

Agar Bebas Jerawat, Begini Cara Cuci Muka Kulit Berminyak  

Bogordaily.net–  Bila tidak tepat dalam mencuci wajah, bukan tidak mungkin pemilik wajah berminyak akan memiliki minyak semakin banyak. Oleh sebab itu sangat penting mengetahui cara membersihkan kulit berminyak. Dilansir dari laman Hellosehat.com, berikut cara cuci muka untuk kulit berminyak yang tepat:

Cuci tangan dan ikat rambut Anda

Jika tangan Anda kotor, bakteri atau debu bisa saja menempel di kulit berminyak sehingga berpotensi menimbulkan jerawat. Oleh karena itu cuci tangan sebelum menyentuh wajah. Cuci tangan menggunakan sabun antibakteri selama 20 detik kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang atau berponi, ada baiknya mengikat rambut terlebih dahulu sebelum cuci muka. Rambut basah dan mengenai wajah bisa membuat kulit jadi rentan terkena bakteri dan kotoran yang menempel di rambut.

Gunakan pembersih wajah yang paling cocok

Cara membersihkan kulit berminyak selanjutnya adalah memilih pembersih wajah yang paling cocok. Biasanya, sabun pembersih ini mengandung bahan aktif asam salisilat. Anda bisa menggunakan produk pembersih yang bebas lilin dan minyak sehingga tidak memperparah kondisi kulit berminyak Anda.

Selain itu, pastikan pula sabun mampu menghilangkan kotoran, keringat, dan minyak berlebih tanpa mengiritasi atau membuat kulit kering dan terasa tertarik. Pastikan pembersih juga mudah dibilas agar tidak meninggalkan residu.

Hindari produk yang bikin iritasi

Pembersih wajah untuk kulit adalah tidak memicu komedo, jerawat, dan alergi kulit. Jangan gunakan sabun batangan untuk cuci muka kulit berminyak. Sebagian besar produk sabun batang di pasaran mengandung surfaktan yang bisa mengikis lapisan pelindung kulit.

Bahan tersebut dapat mengubah keseimbangan pH kulit sehingga memungkinkan pertumbuhan bakteri lebih banyak di kulit. Jika kulit Anda berminyak dan sensitif, sebaiknya Anda menghindari produk yang mengandung parfum. Hindari pula penggunaan scrub yang kasar agar kulit tidak iritasi bahkan terluka.

Tentukan suhu air yang tepat

Banyak orang beranggapan bahwa cuci muka dengan air panas adalah cara membersihkan kulit berminyak yang paling tepat. Air panas justru dapat membuat kulit terlalu kering. Kulit yang terlalu kering malah rentan mengalami dehidrasi. Dalam merespons kondisi dehidrasi ini, kelenjar minyak memproduksi sebum lebih banyak lagi guna mengembalikan kesimbangan kelembapan kulit.

Pakailah air dengan suhu hangat alias suam-suam kuku sebagai cara membersihkan kulit berminyak. Air hangat membantu mengurangi kotoran dan minyak berlebih tanpa membuat kulit terasa kering.

Cuci wajah secara menyeluruh

Bila sedang memakai riasan, bersihkan wajah dengan metode double cleansing. Pertama, gunakan milk cleanser dan toner untuk membersihkan riasan. Kedua, bersihkan wajah dengan sabun cuci muka kulit berminyak yang sudah Anda pilih. Gunakan sabun cuci muka untuk membersihkan seluruh bagian wajah dengan gerakan memutar secara perlahan.

Pastikan untuk membersihkan semua area, yakni dagu, dahi, hidung, pipi, dan leher. Lalu, bilas hingga wajah benar-benar bersih. Agar proses membersihkan wajah lebih optimal, pijat wajah dengan lembut dengan pembersih wajah selama kurang lebih 30 detik. Bilas dengan air hangat atau suam-suam kuku.

Lakukan eksfoliasi

Sebagai cara membersihkan kulit berminyak, eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang terjebak dan menyumbat pori-pori. Bila Anda ingin menggunakan eksfoliasi dengan toner, Anda bisa mengaplikasikannya pada kapas.

Sebaiknya, pilih bahan eksfoliasi dengan asam salisilat. Lakukan eksfoliasi dengan toner setelah Anda mencuci muka dengan sabun.

Selain mengelupas sel kulit mati, fungsi toner adalah untuk menurunkan kadar pH kulit dan membersihkan kotoran yang tidak dapat terangkat sabun muka. Setelah itu, lanjutkan dengan toner, serum, dan pelembap yang bersifat menghidrasi.

Cuci muka secukupnya

Pemilik kulit berminyak disarankan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia untuk membersihkan wajah dengan sabun setidaknya 2 – 3 kali sehari. Waktu yang tepat untuk cuci muka kulit berminyak adalah pada pagi, malam, dan setelah berkeringat.

Jangan terus-menerus membersihkan muka sekalipun kulit berminyak. Terlalu sering mencuci muka dapat menyebabkan kulit menjadi terlalu kering dan lagi-lagi memicu minyak berlebih.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here