Saturday, 27 April 2024
HomeKabupaten BogorAkibat Hujan Deras, Rumah dan Mobil Tergerus Longsor di Puncak

Akibat Hujan Deras, Rumah dan Mobil Tergerus Longsor di Puncak

Bogordaily.net – Akibat hujan deras, satu unit rumah beserta mobil tergerus di Kampung Cidokom RT 02 Rw 08 Desa Kopo, Kecamatan Cisarua, Kabupaten , pada Jumat 30 Desember 2022.

Staf Kedaruratan BPBD Kabupaten , Jalaludin mengatakan, peristiwa tersebut diakibatkan adanya hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan TPT (Tembok Penahan Tanah) diwilayah tersebut .

“Satu unit rumah terdampak material longsoran serta bagian garasi rumah warga dan 1 unit kendaraan roda empat terbawa ,” kata Jalaludin dalam keteranganya, Jumat 30 Desember 2022.

Jalaludin menambahkan, rumah yang terdampakmaterial milik Rosidi mengalami kerusakan ringan. Bagian rumah yang mengalami kerusakan yakni pada bagian dapur dan kamar tidur.

“Rumah milik Rusidi, salah satu warga mengalami kerusakan di tembok bagian dapur dan kamar jebol karena ,” jelasnya.

Ia juga menuturkan bahwa kondisi rumah saat ini masih dalam pengawasan dan perlu penanganan lebih lanjut oleh pihak yang berwenang. Selain itu,mobil miliki warga yang tertimpa material juga telah dievakuasi.

“Saat ini rumah belum diperbaiki oleh pemilik rumah dan kendaraan roda empat yang terdampak sudah di evakuasi,” ujar Jalaludin.

Sebelumnya Plt Bupati Iwan Setiawan meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di wilayah Kabupaten . Terutama bagi masyarakat yang tinggal daerah rawan bencana.

“Kami minta kepada seluruh masyarakat apalagi Bogor daerah wisata juga di daerah pegunungan dan lain-lain, daerah rawan banjir hati-hati, karena cuaca ekstrim ini tidak bisa kita prediksi,” kata Iwan saat ditemui wartawan seusai kegiatan Refleksi Akhir Tahun, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Selasa 27 Desember 2022.

Iwan juga menyebutkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor nantinya akan selalu siaga dan berkordinasi dengan BMKG. Dan masyarakat dihimbau untuk memperihatikan berbagai himbauan perihal cuaca dari BMKG.

“Pada prinsipnya kami di Pemerintah daerah juga siap siaga dan BKMG juga setiap hari memberikan informasi terkait cuaca ini juga harus diperhatikan, jangan dianggap begitu selewat, kalaupun terjadi ya mudah mudahan dari Pemerintah harus siap siaga,” jelasnya.

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here