Sunday, 5 May 2024
HomeTravellingAnti Kantong Jebol, Ini Tips Liburan Hemat Jelang Akhir Tahun

Anti Kantong Jebol, Ini Tips Liburan Hemat Jelang Akhir Tahun

Bogordaily.net–  Jelang akhir tahun, menjadi salah satu pilihan untuk melepas penat. di akhir tahun butuh persiapan yang lebih matang, mulai alokasi budget atau dana, logistik, kesehatan hingga rencana perjalanan. Dilansir dari laman Pegipegi, berikut hemat akhir tahun:

Pilih destinasi wisata on budget  

Untuk menentukan tujuan browsing sebanyak-banyaknya di internet. Salah satunya di Travel Blog Pegipegi. Kalau ingin ke luar kota, bisa cari kota wisata favorit di Indonesia. Atau, kalau mau traveling ke luar negeri, cari negara yang paling murah di dunia.

Setelah menemukan kota atau negara yang ingin dituju, selanjutnya cari tahu tentang objek wisata on budget yang ada di lokasi tujuan serta cara mengakses tempat wisata tersebut dengan transportasi lokal, rute terdekat menuju destinasi populer, hingga berapa harga tiket masuk ke tempat wisata tersebut.

Bawa uang secukupnya

Walaupun destinasi yang akan dituju cukup terjangkau dan masuk dalam budget, sebaiknya hal itu tidak lantas membuat terlena. Agar dompet jebol setelah jalan-jalan, sebelum berangkat, buatlah perkiraan berapa jumlah uang yang perlu dibawa. Dengan membawa uang secukupnya, kamu jadi tidak boros dan tetap hemat selama .

Pertimbangkan jadwal sesuai musim

Bagi yang berencana ke luar negeri, penting untuk mengetahui musim apa saja yang ada di negara tersebut. Kalau ingin menikmati pemandangan terbaik di negara itu, lebih baik pilih jadwal pada musim semi. Sebab saat musim semi, cuaca tidak terlalu panas dan hawa terbilang sejuk.

Di sejumlah negara yang memiliki musim semi, biasanya hadir berbagai event dan festival yang asyik untuk kamu saksikan secara langsung. Pada musim itu juga, tumbuhan akan segera tumbuh subur kembali. Warna-warni bunga menghiasi seluruh kota. Kamu pun bisa mengabadikan momen terbaik dan mengunjungi tempat wisata populer tanpa terkendala cuaca.

Di Indonesia hanya memiliki dua musim yakni panas dan hujan. Biasanya, menjelang akhir tahun, curah hujan di berbagai kota mengalami peningkatan. Kalau berencana ke luar kota, sebaiknya bawalah baju hangat, jaket, mantel hujan, maupun payung saat jalan-jalan, ya.

Manfaatkan dead week season

Dead week adalah periode atau musim paling murah untuk bepergian setelah momen tahun baru. Biasanya, dead week season berlangsung pada dua minggu pertama di awal tahun. Keberangkatan mengikuti dead week season mungkin terkesan terlambat karena waktunya sudah lewat dari akhir tahun. Walau begitu, periode tersebut bisa menjadi cara untuk menyambut tahun baru –yang harapannya bisa lebih baik dari tahun sebelumnya– bersama orang terdekat.

Selain itu, dead week season juga membuat kamu lebih menikmati momen karena jumlah pengunjung tempat wisata populer tidak seramai saat high season atau peak season. Periode dead week ini biasanya banyak maskapai penerbangan dan penginapan yang menurunkan harganya jauh di bawah rata-rata.

Booking transportasi dan akomodoasi di hari kerja

Meskipun harga transportasi dan akomodasi di masa dead week menjadi lebih murah dari hari biasa, disarankan untuk memesan keduanya pada hari kerja ketimbang akhir pekan agar harga lebih terjangkau.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here