Ngeri! Bacok Petugas Keamanan, Iran Gantung Pendemo

Menu

Mode Gelap
Info Terkini Gempa, BMKG: Terjadi di Kepulauan Talaud Sulut dan China Harga Emas Antam Hari Ini, Senin 30 Januari 2023 Jadwal Layanan SIM Keliling di Kota Bogor, Senin 30 Januari 2023 Prakiraan Cuaca Kota Bogor Hari Ini Senin, 30 Januari 2023 Info Terkini Gempa Menurut BMKG, Sabtu 28  Januari 2023

Internasional · 8 Dec 2022 23:51 WIB

Ngeri! Bacok Petugas Keamanan, Iran Gantung Pendemo


 Kericuhan terjadi dalam aksi demontrasi di Iran memprotes kematian seorang wanita bernama Mahsa Amini.(AP/CNN Indonesia/Bogordaily.net) Perbesar

Kericuhan terjadi dalam aksi demontrasi di Iran memprotes kematian seorang wanita bernama Mahsa Amini.(AP/CNN Indonesia/Bogordaily.net)

IIMS

Bogordaily.net– Seorang pendemo dihukum mati dengan dengan cara digantung oleh Pengadilan Iran, Kamis, 8 Desember 2022. Pendemo melakukan aksi protes atas kematian Mahsa Amini beberapa waktu lalu dan membacok petugas keamanan.

Dilansir CNN Indonesia, pendemo bernama Mohsen Shekari itu dinyatakan bersalah karena membacok salah satu petugas keamanan Iran dengan sebilah golok hingga terluka. Ia juga dinyatakan bersalah karena memblokade Jalan Sattar Khan saat demo memprotes penyebab kematian Mahsa Amini.

“Mohsen Shekari, perusuh yang memblokade Jalan Sattar Khan di Teheran pada 25 September dan melukai petugas keamanan dengan golok telah dieksekusi pagi ini,” pernyataan situs pengadilan Iran, Mizan Online, seperti dikutip dari AFP.

Sebelumnya, demonstrasi terjadi di Iran setelah kematian Mahsa Amini secara misterius di penjara Iran. Perempuan berdarah Kurdi itu ditangkap polisi moral Iran lantaran dianggap melanggar aturan wajib hijab di negara teokrasi tersebut.

Aksi demi terus meluas. Iran lalu menuding aksi yang mereka sebut sebagai kerusuhan itu didalangi oleh Amerika Serikat beserta sekutu seperti Inggris dan Israel.

Ratusan pendemo pun ditangkap Pengadilan Iran yang dinilai sebagai biang kerok kerusuhan. Salah satu yang ditangkap dan dinyatakan bersalah dalam persidangan adalah Shekari. Ia dianggap melakukan kejahatan serius melakukan aksi kekerasan dengan senjata.

Sementara itu merupakan salah satu negara yang menganut paham syariah ketat, yang mana perempuan diwajibkan mengenakan hijab.

Tak hanya di Iran dan Afghanistan, demonstrasi memprotes kematian Mahsa Amini juga meluas hingga di sejumlah negara Eropa hingga ke Amerika Serikat. Ribuan pedemo terutama perempuan di Athena, Berlin, Brussels, Istanbul, Madrid, Paris, hingga New York turun ke jalanan untuk memprotes Iran soal kematian Amini.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

FPI-PA 212-GNPF akan Geruduk Kedubes Swedia dan Belanda

30 January 2023 - 10:01 WIB

Kedubes Swedia dan Belanda

Gempa M 5,9 Guncang Kampung Uighur China

30 January 2023 - 09:26 WIB

Gempa terjadi di China

Arkeolog Temukan Mumi Tertua Berlapis Emas, Lengkap di Mesir

29 January 2023 - 22:31 WIB

Mumi Tertua Berlapis emas

Bus Terjun ke Jurang di Peru, 25 Orang Tewas

29 January 2023 - 16:20 WIB

Lansia Pamijahan

Malaysia Diterjang Banjir, Belasan Ribu Warga Dievakuasi

27 January 2023 - 14:22 WIB

Seluas Kota London, Gunung Es di Antartika Pecah

26 January 2023 - 15:30 WIB

Gunung Es Antartika Pecah
Trending di Internasional