Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaBahaya Makan Mie Instan Setiap Hari, Bisa Terjadi Malnutrisi

Bahaya Makan Mie Instan Setiap Hari, Bisa Terjadi Malnutrisi

Bogordaily.net sering dijadikan menu pengganjal lapar andalan ketika kita tidak punya waktu atau uang untuk makan. Makan memang menggiurkan, namun akan jika makan mie intsan setiap hari.

Selain enak dan mudah cara buatnya, harga yang dibandrol untuk semangkok mi instan pun terbilang murah. Itulah mengapa banyak orang suka makan mi instan.

Bahkan tak sedikit orang yang menjadikan mi instan sebagai makanan wajib mereka setiap hari. Meski begitu, makan mi instan setiap hari tidak baik untuk kesehatan.

Lantas apa yang terjadi jika konsumsi setiap hari? Melansir sejumlah sumber, berikut 5 efek makan mi instan tiap hari untuk kesehatan tubuh:

1. Gangguan pencernaan

merupakan salah satu jenis makanan yang tidak mudah untuk dicerna di tubuh sehingga dapat membuat sistem kerja yang ada di dalam saluran cerna menjadi lebih berat dan apabila dikonsumsi terlalu sering maka bisa menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan.

2. Gangguan ginjal

Terganggunya fungsi ginjal bisa menyebabkan penumpukan natrium dan cairan yang ada di dalam tubuh. Hal tersebut bisa memicu terjadinya pembengkakan pada kaki dan penumpukan cairan yang ada di sekitar jantung dan paru-paru

Hal lain yang harus diperhatikan yaitu ada yang dikemas menggunakan bahan sterofoam yang mengandung bahan kimia bisphenol A (BPA).

Bahan BPA ini ternyata bisa mengganggu cara kerja hormon dan mempengaruhi perkembangan otak pada bayi dan anak-anak. Sementara itu, untuk orang dewasa, kandungan tersebut bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung dan kanker.

3. Obesitas

Obesitas juga bisa muncul dan disebabkan karena konsumsi yang terlalu banyak. Kandungan kalori pada yang tinggi bisa membuat berat badan naik dengan mudah.

Jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang sesuai, tentu saja resiko obesitas bisa terjadi. Belum lagi jika mi instan dikonsumsi dengan beragam menu sampingan seperti telur dan nasi.

4. Malnutrisi

Korea melakukan penelitian dan mendapatkan fakta bahwa orang-orang yang keseringan makan mi instan memiliki asupan nutrisi lebih rendah dibandingkan yang tidak mengonsumsi makanan ini.

Selain itu, makan mi instan setiap hari dapat mempengaruhi perilaku makan seperti gemar mengonsumsi makanan kurang sehat.

5. Liver kerja keras

Dampak makan setiap hari adalah membuat liver bekerja lebih keras dari biasanya. Alasannya, mie instan dapat awet dan tahan lama karena ditambahkan bahan pengawet, perasa buatan, pemanis buatan, dan bahan aditif lainnya.

Kandungan itulah yang akhirnya membuat liver bekerja lebih keras untuk mencerna mie instan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here