Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalBaru Diresmikan, Masjid Al-Jabbar Dinobatkan Jadi Ikon Baru Bandung

Baru Diresmikan, Masjid Al-Jabbar Dinobatkan Jadi Ikon Baru Bandung

Bogordaily.net – Masjid Raya Al Jabbar di Jalan Cimincrang, Kecamatan Gedebage, Kota diresmikan sebagai Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, pada Jumat kemarin, 30 Desember 2022. Masjid Raya Al Jabbar juga menjadi baru Kota .

Masjid milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini berdiri kokoh di tengah kolam retensi dan disebut mampu menampung hingga 33.000 jemaah.

Peresmian dilakukan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Selain itu, peresmian masjid juga dihadiri sejumlah pejabat kementerian, para kepala daerah, serta Wali Kota Yana Mulyana.

Yana menyambut positif hadirnya Masjid Raya Al Jabbar yang terletak di Kota . Ia bersyukur masjid yang juga memuat khazanah perjalanan umat Islam di Indonesia kini hadir di Kota .

“Kami menyambut positif. Semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua, khususnya bagi masyarakat Kota ,” kata Yana dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu 31 Desember 2022.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sambutannya menyebut pembangunan Masjid Raya Al Jabbar memiliki sejarah panjang sejak 2017.

Saat itu, Emil, sapaan akrabnya, masih menjabat sebagai Wali Kota , bertindak sebagai arsitek dari Masjid Raya Al Jabbar. Proses groundbreaking dilakukan di era Gubernur Ahmad Heryawan.

“Bukan kebetulan, masjid ini memiliki latar belakang matematis (Aljabar atau Al Jabbar), dan juga Jabbar, bisa dikaitkan dengan singkatan dari Jawa Barat. Mari, kita makmurkan masjid ini,” ucapnya.

Masjid yang dibangun di lahan seluas 25 hektare ini memiliki kapasitas sekitar 30.000 orang, dengan rincian 10.000 orang di area dalam dan 20.000 orang di area plaza.

Selain itu, terdapat 27 pintu yang menyimbolkan 27 kabupaten dan kota se-Jawa Barat yang disimbolkan oleh desain batik setiap Kota dan Kabupatennya.

Di area bawah masjid, terdapat juga museum digital yang berisi materi perjalanan peradaban Islam di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat (Jabar).

Masjid yang juga populer dengan sebutan ‘Masjid Terapung' ini juga dikelilingi danau retensi sebagai penyerap air yang datang dari utara menuju selatan kawasan Kota .(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here