Wednesday, 19 June 2024
HomePolitikBawaslu akan Awasi Pendanaan untuk Kampanye Pemilu 2024

Bawaslu akan Awasi Pendanaan untuk Kampanye Pemilu 2024

Bogordaily.net – Jelang pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyoroti adanya potensi para peserta Pemilu 2024.

Komisioner Bawaslu RI Puadi menjelaskan, pola selama ini kerap menekankan pada citra atau ketokohan individu, bukan ide dan gagasan.

Orientasi ketokohan ini berimplikasi terhadap pola pembiayaan , yakni mengandalkan sumber pembiayaan dari individu ketimbang dari organisasi pengusung atau partai politik.

Sumber pembiayaan individu itu tidak hanya dari kontestan, tapi juga dari individu di luar partai politik. Masalahnya, akuntan publik yang ditunjuk oleh KPU untuk mengaudit dana hanya menyisir dana sumbangan yang dilaporkan peserta pemilu. Akuntan tidak mengaudit pengeluaran riil seorang kontestan untuk berkampanye.

“Dalam praktiknya, apa yang dicatat dan dilaporkan sebagai sumbangan dana oleh peserta pemilu tidak mencerminkan biaya sesungguhnya yang dikeluarkan oleh peserta pemilu,” kata Puadi, dikutip dari Republika, Minggu, 11 Desember 2022.

Biasanya, lanjut dia, biaya lebih besar ketimbang dana sumbangan yang terkumpul. Selisih antara pemasukan yang dilaporkan dan biaya pengeluaran itu lah “”.

tidak terdeteksi. Jumlahnya tidak seimbang dengan data yang dilaporkan oleh peserta pemilu. Ke depan Bawaslu akan merancang kerangka pengawasan terhadap persoalan tersebut,” kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu RI itu.

Kendati bakal mengawasi , Puadi berharap, peserta Pemilu 2024 untuk beralih dari berbasis ketokohan individu ke kampanye ide dan gagasan.

“Saya harap pada pemilu dan pemilihan ke depan ada perubahan pola kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu,” ujarnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here