Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorBentuk Siswa Jadi Pengusaha Hebat, SDN Kukupu 3 Gelar Market Day

Bentuk Siswa Jadi Pengusaha Hebat, SDN Kukupu 3 Gelar Market Day

Bogordaily.net – Puluhan siswa- siswi menggelar “Market Day” bertemakan “Panen Karya Kewirausahaan” dengan produk unggulan dari Jahe Merah. Acara tersebut digelar di halaman , Jalan Seremped, Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor pada Kamis 22 Desember 2022.

ini merupakan bagian dari kurikulum merdeka dan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) tingkat sekolah dasar.

Ketua panitia Market Day , Dadang Suhendar menyampaikan, tujuan ini adalah membentuk siswa untuk berwirausaha atau menjadi entrepreneur.

“Kegiatannya diisi dengan pameran hasil kuliner dari kelas 1 hingga kelas 6. Dan juga kami menggenjot panen jahe merah sebagai komoditi yang kami tanam di sekolah dan menghasilkan berupa sirop, serbuk hingga permen dari jahe merah,” ujarnya.

Selain itu, seluruh perwakilan siswa dari setiap kelas, menyuguhkan hasil kuliner untuk dijual sebagai produk unggulan dari .

Dia mengakui, produk unggulan adalah jahe merah, maka dari itu, semua produk yang dibuat oleh seluruh siswa harus dimasukan bahan jahe didalam makanan yang mereka jual.

“Kita punya jargon sendiri ‘Si Jago Merah Membuat Ku Tak Menyerah',” ucapnya.

Ia berharap agenda market day akan menjadi acara reguler setiap semester setahun dua kali.

“Semoga dengan akan tercipta siswa yang mandiri, kreatif dan bergotong royong,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Kota Bogor, Rini Mulyani merasa bangga dan mengapresiasi dengan terlaksananya implementasi dari progam kurikulum merdeka.

“Kegiatan ini menjadi pengalaman yang tidak mudah terlupakan oleh anak-anak. Harapan saya semoga menjadi bekal dan pengalaman yang baik untuk anak-anak,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah , Ersipah menambahkan, kegiatan market day ini masuk di P5, tentunya akan masuk menjadi penilaian di raport nantinya.

“Nilai akan diambil kegiatan market day atau panen karya kewirausahaan adalah dalam bentuk nilai kebersamaan dan kekompakan. Sehingga kedepannya kita jadikan agenda kegiatan per semester,” katanya.

Dalam market day ini, anak-anak di dorong untuk menggunakan pelajaran matematika, dengan menghitung dari transaksi jual beli yang dilakukan dengan pihak pembeli.

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here