Monday, 29 April 2024
HomeBeritaCara Ampuh Turunkan Resiko Demensia, Makan Buah dan Sayur

Cara Ampuh Turunkan Resiko Demensia, Makan Buah dan Sayur

Bogordaily.net – Mengonsumsi dan sayur dengan kandungan flavonol antioksidan yang tinggi, dapat menurunkan resiko demensia terutama . Hal itu disebutkan oleh sebuah studi yang diterbitkan pada November lalu oleh Neurolog di Amerika

Penelitian itu diikuti 961 peserta dengan rata-rata usia 81 tahun dan tidak menderita demensia selama tujuh tahun terakhir.

Mereka menyelesaikan kuesioner yang berisikan pertanyaan terkait makanan yang sering mereka konsumsi dan frekuensi mengonsumsinya.

Para peserta juga diberikan tes kognitif tentang gaya hidup, seperti aktivitas fisik, hingga waktu yang mereka habiskan untuk beraktivitas, hingga keterlibatan mental.

Hasilnya, para peneliti menyimpulkan bahwa mereka dengan asupan antioksidan flavonol tertinggi mengalami tingkat penurunan 0,4 unit per dekade lebih lambat, daripada mereka dengan asupan terendah.

Hal ini didasarkan pada perhitungan tingkat penurunan kognitif peserta, dengan perhitungan skor dari 0,5 (tidak memiliki gangguan kognitif) hingga -0,5 (memiliki ).

“Kegiatan sederhana berupa makan dan sayur, menjadi cara mudah bagi kita untuk berperan aktif dalam menjaga otak,” ungkap Thomas Holland selaku peneliti seperti dilansir dari laman Best Life Online, Rabu 14 Desember 2022.

“Sangat menarik, membuat pilihan atas apa yang kita konsumsi dapat mempengaruhi tingkat kognitif,” sambungnya.

Menurut para peneliti, penurunan tingkat kognitif memiliki keterkaitan dengan flavonol yang bersifat sebagi anti oksidan dan anti inflamasi.

dan sayuran degan flavonol tinggi dimiliki oleh apel, jeruk, pir, tomat, brokoli, kangkung, hingga bayam.

“Vitamin dan mineral yang ditemukan pada dan sayur menjadi penting. Sekarang kami memahami bahwa komposisi yang terkandung terutama bioaktif seperti flavonol, membuat bahan makanan ini menjadi lebih bermanfaat,” jelas Thomas.

Mengonsumsi bahan tersebut dapat mengurangi penumpukan plak berbahaya di otak yang dapat meningkatkan resiko demensia, terutama .

Antioksidan dan bioaktif lainnya yang ditemukan, juga berfungsi untuk memerangi peradangan pada tubuh.

“Semakin gelap warna atau sayuran, maka semakin tinggi kandungan flavonolnya, dan lebih baik untuk menjaga memori, serta ,” jelas Dana Ellis Hunnes sebagai ahli diet senior di pusat medis UCLA dan penulis Recipe For Survival.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here