Deretan Penjara Termewah di Dunia, Ada Tempat Spa

penjara termewah di dunia
Penjara Temewah di Dunia. (wowkeren/Bogordaily.net)
IIMS

Bogordaily.net – Kira-kira apa yang terlintas di pikiran kita kalau mendengar kata “penjara”? Pastilah kita akan berpikir tentang sebuah tempat kotor, jeruji besi. Walaupun begitu, tak semua penjara seperti itu, lho. Berikut ini, deretan penjara termewah yang ada di dunia.

Di Indonesia sendiri, umumnya penjara dibuat hanya dengan tembok dikelilingi trails besi dengan ukuran sekitar 2×3 meter. Di dalamnya terdapat kasur dan bantal untuk tidur.

Namun, di beberapa negara, penjara dibuat sangat bagus, bahkan terdapat banyak fasilitas seperti televisi, komputer, dan sofa bak hotel bintang lima. Tidak hanya fasilitas yang nyaman, salah satu di antara penjara tersebut juga bisa membawa keluarga seperti anak dan istri untuk tinggal bersama.

Deretan penjara termewah di dunia dirangkum dari berbagai sumber:

1. Otago Corrections Facility, Selandia Baru

Penjara ini memiliki beberapa kelas di bidang peternakan sapi perah, teknik ringan, dan juga memasak. Fasilitas penjara secara efektif berusaha untuk merehabilitasi para tahanan.

Jangan heran kalau ternyata beberapa fasilitas dan teknologi yang kita punya sekarang berasal dari Otago Corrections Facility, mengingat tempat ini lebih mirip sebuah pabrik daripada sebuah penjara.

2. Justice Center Leoben, Austria

Justice Center Leoben adalah lembaga permasyarakatan Eropa untuk para pelanggar hukum tanpa kekerasan. Penjara ini menyediakan sebuah sel tunggal yang dilengkapi dengan dapur, televisi, dan juga kamar mandi di dalamnya.

Bahkan penjara ini juga memiliki sebuah gym dengan fasilitas yang lengkap, area outdoor untuk bersantai, dan juga lapangan basket. Kombinasi dari itu semua tentu saja menjadikan penjara ini begitu nyaman.

3. Penjara Aranjuez, Spanyol

Fasilitas yang diberikan cukup asing dan mungkin tidak dilakukan di tempat lain selain di penjara Aranjuez ini. Pasalnya, di lapas ini anak bayi dapat menghabiskan tahun pertama bersama orang tua mereka yang ditahan di penjara Aranjuez Spayol tersebut.

Hal tersebut dilakukan secara legal dan aturan tersebut berlaku untuk tetap memerankan sosok orang tua terlepas mereka telah menjadi narapidana.

4. Penjara Bastoy, Norwegia

Berada di sebuah pulau, penjara Bastoy di Oslofjord, Norwegia ini memiliki keisitimewaan.

Menampung lebih dari 100 narapidana, lapas ini memiliki berbagai fasilitas berupa berbagai kegiatan yang mengherankan. Seperti mendapatkan hak istimewa, narapidana akan memiliki sarana untuk menunggang kuda, memancing serta berjemur di area kompleks penjara.

5. Penjara San Pedro

Penjara mewah lainnya bisa Anda lihat di San Pedro. Meski tidak diberi fasilitas super mewah, namun penjara ini tidak benar-benar mengurung narapidana layaknya penjahat.

Pintu-pintu kamar terbuka, ada restoran dan hotel. Bahkan anak-anak bisa berlarian di sekitarnya. Secara bangunan, ini memang bukan penjara sel. Namun penjara kota yang berdinding dan tak mengizinkan penduduknya pergi.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *