Ditukar dengan Bandar Senjata, Rusia Bebaskan Brittney Griner

Menu

Mode Gelap
Info Terkini Gempa Menurut BMKG, Sabtu 28  Januari 2023 Link Streaming Man City vs Arsenal, Aman dan Legal Catat, Ini Nomor Hotline Pengaduan Penculikan Anak di Kota Bogor Doa Buka Puasa Rajab 2023 dan Qadha Ramadhan Lengkap Pasar Kaget di Taman Heulang Dikeluhkan Warga, Sahib Khan Usulkan Relokasi

Internasional · 9 Dec 2022 15:19 WIB

Ditukar dengan Bandar Senjata, Rusia Bebaskan Brittney Griner


 Pebasket Amerika Serikat Brittney Griner ditahan di Bandara Sheremetyevo Moskow, Rusia.(Kirill KUDRYAVTSEV/POOL/AFP/Liputan6.com) Perbesar

Pebasket Amerika Serikat Brittney Griner ditahan di Bandara Sheremetyevo Moskow, Rusia.(Kirill KUDRYAVTSEV/POOL/AFP/Liputan6.com)

IIMS

Bogordaily.net–  Pebasket asal Amerika Serikat (AS) Brittney Griner dibebaskan dari tahanan Rusia. Itu terjadi setelah bintang Women’s National Basketball Association (WNBA) ditukar dengan tahanan asal Rusia di AS.

Dikutip Liputan6.com dari AP, pertukaran Griner terwujud usai Amerika Serikat juga membebaskan bandar senjata terkenal Rusia yakni Viktor Bout.

Brittney Griner dihukum oleh Pengadilan Moscow lantaran mencoba menyelundupkan narkotika ilegal ke Rusia. Ia akan menjalani hukuman sembilan tahun di penjara Rusia.

Dilansir AS, Griner ditangkap di Bandara Internasional Sheremetyevo, Moscow, 17 Februari 2022 setelah terdeteksi membawa minyak hashish untuk vape yang dianggap ilegal di Rusia.

Griner yang bermain untuk Alba Torrens dan Yekaterinburg asuhan Miguel Mendez kembali ke Rusia setelah jeda karena Piala Dunia di Australia.

Hakim dalam kasus ini telah mempertimbangkan fakta wanita berusia 31 tahun mengaku bersalah dan prestasinya sebagai pebasket sebagai faktor yang meringankan.

“Saya membuat kesalahan yang tidak disengaja dan saya berharap kesalahan itu tidak mengakhiri hidup saya,” kata Griner sebelum mendengar putusan.

Selain divonis sembilan tahun penjara, ia juga dijatuhi hukuman denda satu juta ruber atau sekitar Rp 246 juta. Pengacara Griner menyatakan akan mengajukan banding karena menganggap hukuman itu tidak masuk akal.

Pengacaranya juga menilai Griner konsumsi itu dengan resep medis untuk mengurangi rasa sakit kronis parah yang dideritanya.

Di sisi lain, Viktor But dijuluki Merchant of Death dan menjalani 25 tahun penjara karena berkonspirasi membunuh warga negara Amerika serta telah menjual senjata ke organisasi gerilya Kolombia. Paul Whelan, warga AS lainnya, juga bisa memasuki kesepakatan.

Sementara itu Amerika Serikat dan Rusia sudah diprediksi akan menukar tahanan dan pernah terjadi pada 2020. Ketika itu seorang warga Amerika Amerika Trevor R. Reed dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara ditukar dengan pilot Rusia yang dipenjara di Amerika Serikat, Konstantin Yaroshenko.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Arkeolog Temukan Mumi Tertua Berlapis Emas, Lengkap di Mesir

29 January 2023 - 22:31 WIB

Mumi Tertua Berlapis emas

Bus Terjun ke Jurang di Peru, 25 Orang Tewas

29 January 2023 - 16:20 WIB

Lansia Pamijahan

Malaysia Diterjang Banjir, Belasan Ribu Warga Dievakuasi

27 January 2023 - 14:22 WIB

Seluas Kota London, Gunung Es di Antartika Pecah

26 January 2023 - 15:30 WIB

Gunung Es Antartika Pecah

Main Petak Umpet di Kontainer, Bocah Bangladesh Ini Ditemukan di Malaysia

26 January 2023 - 15:17 WIB

bocah main petak umper di Kontainer

Festival Layang-Layang di India, 6 Tewas Terjerat Benang

26 January 2023 - 02:25 WIB

Trending di Internasional