Thursday, 9 May 2024
HomeBeritaDitukar dengan Bandar Senjata, Rusia Bebaskan Brittney Griner

Ditukar dengan Bandar Senjata, Rusia Bebaskan Brittney Griner

Bogordaily.net–  Pebasket asal Amerika Serikat (AS) dibebaskan dari tahanan . Itu terjadi setelah bintang Women's National Basketball Association (WNBA) ditukar dengan tahanan asal di AS.

Dikutip Liputan6.com dari AP, pertukaran Griner terwujud usai Amerika Serikat juga membebaskan bandar senjata terkenal yakni Viktor Bout.

dihukum oleh Pengadilan Moscow lantaran mencoba menyelundupkan narkotika ilegal ke . Ia akan menjalani hukuman sembilan tahun di penjara .

Dilansir AS, Griner ditangkap di Bandara Internasional Sheremetyevo, Moscow, 17 Februari 2022 setelah terdeteksi membawa minyak hashish untuk vape yang dianggap ilegal di .

Griner yang bermain untuk Alba Torrens dan Yekaterinburg asuhan Miguel Mendez kembali ke setelah jeda karena Piala Dunia di Australia.

Hakim dalam kasus ini telah mempertimbangkan fakta wanita berusia 31 tahun mengaku bersalah dan prestasinya sebagai pebasket sebagai faktor yang meringankan.

“Saya membuat kesalahan yang tidak disengaja dan saya berharap kesalahan itu tidak mengakhiri hidup saya,” kata Griner sebelum mendengar putusan.

Selain divonis sembilan tahun penjara, ia juga dijatuhi hukuman denda satu juta ruber atau sekitar Rp 246 juta. Pengacara Griner menyatakan akan mengajukan banding karena menganggap hukuman itu tidak masuk akal.

Pengacaranya juga menilai Griner konsumsi itu dengan resep medis untuk mengurangi rasa sakit kronis parah yang dideritanya.

Di sisi lain, Viktor But dijuluki Merchant of Death dan menjalani 25 tahun penjara karena berkonspirasi membunuh warga negara Amerika serta telah menjual senjata ke organisasi gerilya Kolombia. Paul Whelan, warga AS lainnya, juga bisa memasuki kesepakatan.

Sementara itu Amerika Serikat dan sudah diprediksi akan menukar tahanan dan pernah terjadi pada 2020. Ketika itu seorang warga Amerika Amerika Trevor R. Reed dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara ditukar dengan pilot Rusia yang dipenjara di Amerika Serikat, Konstantin Yaroshenko.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here