Tuesday, 7 February 2023
HomeKota BogorDokter Raendi Kasih Tips Merawat Kulit kepada Ibu-Ibu Munjul

Dokter Raendi Kasih Tips Merawat Kulit kepada Ibu-Ibu Munjul

IIMS

Bogordaily.net – Dokter Raendi berbagai tips bersama Warga di Kampung Munjul, tepatnya di Mushola Nurul, RT.05/RW.06, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Selasa 6 Desember 2022.

Mayoritas ibu-ibu yang hadir tampak begitu antusias menyimak penjelasan tentang kesehatan kulit. Mereka mendapatkan penyuluhan langsung dari Dokter Ahli Kulit dan Kelamin, Dr. dr. Raendi Rayendra, SpKK, M.Kes, FINSDV, FAADV yang digelar

Ibu-ibu muda hingga lanjut usia tampak antusias mengikuti acara Ngariung Sehat bersama Aa’ Dokter Raendi itu.

Selain memberikan penyuluhan kesehatan kulit, Aa’ Dokter Raendi -sapaan akrabnya- juga melayani konsultasi tentang penyakit kulit dan memberikan pengobatan kulit secara gratis kepada warga.

Dia mengaku sangat senang bisa hadir di tengah ibu-ibu warga Kampung Munjul untuk sharing tentang kesehatan kulit secara keseluruhan.

“Ibu-ibu di sini yang saya tangkap kebersihannya sudah mantap. Jadi di sini tingkat infeksi bakteri sangat rendah. Tapi eksim memang biasa, tidak di manapun tetap tinggi kasusnya,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, eksim di dunia klinik adalah suatu kelainan kulit yang sifatnya gatal. Namun diketahui pula bahwa semua penyakit kulit dapat menimbulkan rasa gatal.

“Jadi kalau eksim itu penyebabnya biasanya kurang tidur, cape atau stres. Makanya kita tadi bercanda terus untuk memperbaiki tingkat stres dan harus ditekan rendah-rendah,” paparnya.

Selain membahas soal kulit eksim, Dosen Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga memberikan tips menjaga kulit tidak kering. Pasalnya, kulit kering bisa memicu terjadinya eksim.

“Tadi diajarkan cara supaya kulit nggak kering, karena kulit kering itu bisa menyebabkan eksim. Jadi mandi tidak boleh pakai air hangat, terus hindari sabun antiseptik, dan kalau bisa pakai pelembab,” katanya.

Ia juga berpesan untuk ibu-ibu agar terus semangat, ceria dan gembira. Karena, menurutnya, hal tersebut adalah modal pancaran baik pada kulit.

“Karena dengan begitu yang akan terpancar di kulit kita jadi baik,” tukasnya.

Ibu-ibu di Kampung Munjul umumnya mengungkapkan sangat terbantu dengan kehadirannya, sehingga mereka dapat menambah wawasan mengenai kesehatan kulit.

“Kita sangat senang tentunya, apalagi dokter spesialis kulit jarang seperti ini, kita harus ke rumah sakit gede, dengan adanya Apa Dokter Raendi ini sangat membantu banget buat yang punya penyakit kulit, jadi tahu penyakit kulit apa,” kata salah seorang warga, Puspita. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor