Sunday, 28 April 2024
HomeHiburanDua Planet Baru Ditemukan Dekat Bumi, Bisa Ditempati?

Dua Planet Baru Ditemukan Dekat Bumi, Bisa Ditempati?

Bogordaily.net–  Astronom melacak keberadaan dua baru yang dalam hitungan antariksa termasuk dekat dengan Bumi. Kabarnya ada kemiripannya antara Bumi dengan ini sehingga kemungkinan bisa ditinggali.

baru ini lokasinya berada di zona habitat dari bintangnya bernama GJ 1002. Artinya, itu tidak terlalu panas atau dingin dan terdapat air dalam bentuk cair.

“Alam sepertinya menunjukkan kita bahwa seperti Bumi sangat umum,” kata peneliti dari Instituto de Astrofisica de Canarias (IAC) Alejandro Suárez Mascareno sebagaimana dilansir dari detikINET via Live Science.

Lantaran air dalam bentuk cair sangat penting bagi kehidupan, di zona layak huni menjadi fokus pencarian akan kehidupan di tempat lain di alam semesta, meski memang hanya berada di zona layak huni bukan mutlak jaminan suatu mendukung kehidupan.

Misalnya, Venus dan Mars berada di zona layak huni Matahari, tetapi saat ini keduanya tidak dapat mendukung kehidupan. Sedang diselidiki apakah ada makhluk hidup di Mars, tapi kalau pun ada kemungkinan hanya bakteri.

Sementara itu GJ 1002 merupakan bintang katai merah yang relatif suhunya dingin, zona layak huninya jauh lebih dekat dengannya daripada jarak Bumi ke matahari. GJ 1002b hanya membutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk mengorbit sedangkan terluar, GJ 1002c, menyelesaikan orbit dalam 21 hari. Dekatnya lokasi kedua planet itu dengan Bumi, memungkinkannya menjadi obyek riset yang para ilmuwan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here