Thursday, 28 March 2024
HomePolitikElektabilitas Ganjar dan Anies Moncer, Tapi...

Elektabilitas Ganjar dan Anies Moncer, Tapi…

Bogordaily.net–  Elektabilitas bakal calon presiden (capres) seperti , , dan Prabowo Subianto di sejumlah survei kerap menunjukkan angka tinggi. Namun, dan dinilai bakal menghadapi persoalan lain seperti dukungan partai.

Politikus Partai Golkar Maman Abdurrahman mengaku tidak khawatir melihat sejumlah tokoh dengan elektabilitas tinggi tersebut. Menurutnya mereka tidak akan serta-merta menjadi penerus Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2024 mendatang.

Ia pun mengingatkan ada beberapa faktor penting lain yang menjadi syarat pencalonan, seperti dukungan partai.

“Jadi, sekarang mau bilang surveinya 100 persen, Anies 1.000 persen, Prabowo 500 persen, kalau enggak ada dukungan partai, bagaimana?” ujar Maman di Hotel Cipta Pancoran, Jakarta Selatan, dikutip Suara.com dari WartaEkonomi.co.id.

Menurut Maman, hasil survei menggambarkan persepsi publik dan merupakan salah satu referensi. Namun ada faktor penting lain yang menjadi pegangan Partai Golkar dalam mengusung calon, yakni dukungan partai.

“Selesai. Enggak kurang, enggak lebih,” tegasnya.

Meski demikian, elektabilitas tokoh hasil survei sejumlah lembaga tersebut tetap harus dihargai serta dihormati. Namun hal itu hanyalah syarat non-formal untuk memutuskan calon presiden.

Sementara ada syarat formal lain yang juga harus dipertimbangkan, yaitu perihal presidential threshold 20 persen.

“Jadi bagi kami, hasil survei terhadap ketua umum merupakan suatu proses dan dinamika berpolitik di Indonesia,” terangnya.

“Akan tetapi, belum tentu dan tidak bisa dijadikan sebagai rujukan saja dalam mengambil keputusan. Jadi, saya pikir sesederhana itu saja,” sambungnya.

Sementara itu di sisi lain, survei elektabilitas memang masih menempatkan ketiga tokoh seperti , , dan Prabowo Subianto di posisi puncak.

Meski begitu, Ganjar juga belum pasti mendapatkan tiket pencapresan, sebagaimana diperkirakan pengamat politik Rocky Gerung. Sebab PDIP dinilai tidak akan terpengaruh dengan survei elektabilitas dan mempunyai pertimbangan tersendiri untuk menentukan capres.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here