Monday, 29 April 2024
HomeViralFenomena Pasir Mengalir Tanpa Air di Jalur Aliran Lahar Gunung Semeru, Hebohkan...

Fenomena Pasir Mengalir Tanpa Air di Jalur Aliran Lahar Gunung Semeru, Hebohkan Warga

Bogordaily.net – Sebuah video memperlihatkan fenomena tanpa air turun dari lereng di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, di media sosial. Hingga kini, banjir lahar hujan masih terjadi di sekitar Curah Kobokan.

Fenomena tersebut sempat menghebohkan warga yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai yang berhulu dari . Sebab, material pasir hampir meluber ke pemukiman warga.

Dalam video berdurasi kurang dari 30 detik itu terdapat suara orang yang mengabadikan momen itu dengan kamera ponselnya.

“Asli teko Semeru iki lur, ganok banyune lur (asli dari Semeru ini, enggak ada airnya),” ucap suara pria dalam video tersebut.

Video tersebut diketahui diambil di Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Fenomena tanpa air terjadi di jalur aliran lahar Sungai Leprak dan Sungai Regoyo yang berhulu dari puncak .

Fenomena ini terjadi pasca hujan deras di wilayah puncak yang menyebabkan banjir lahar hujan dengan volume yang cukup deras.

Fenomena ini terjadi karena tumpukan material yang ada di lereng gunung, kehilangan friksi batuannya sehingga saat terkena air material pasir tersebut longsor ke daerah aliran sungai yang lebih rendah.

Sementara itu, banjir lahar hujan pada Kamis siang terekam Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, dengan amplitudo maksimal hingga 35 milimeter.

Melansir dari dari detikJatim, berkaitan dengan video di media sosial, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jatim Satriyo Nurseno membenarkan bahwa peristiwa itu terjadi hari ini di Lumajang.

“Menurut informasi dari Agen Bencana Jatim Kabupaten Lumajang, kejadian itu memang benar terjadi,” ujarnya.

Satriyo menyebutkan bahwa peristiwa itu terjadi pada Kamis sore sekitar pukul 15.00 WIB di sekitaran Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

“Kejadian tersebut terjadi di Dusun Bondeli, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro sekitar pukul 15.00 WIB,” ujarnya.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here