Sunday, 28 April 2024
HomeKabupaten BogorFisipkom Unida Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Kabandungan

Fisipkom Unida Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Kabandungan

Bogordaily.net–  Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (Fisipkom ) ()  melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam rangka menggali potensi alam di Desa Kabandungan Kabupaten Sukabumi.

Dosen Fisipkom Desi Hasbiah mengatakan program ini merupakan program insentif pengabdian masyarakat terintegrasi dengan merdeka belajar Kampus Merdeka berbasis kinerja indikator kinerja utama bagi perguruan tinggi swasta tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek.

“Karena Kabandungan merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Sukabumi dan memiliki banyak potensi alam. Potensi perkebunan dan pertanian menjadi potensi utama di desa ini,” kata Desi Hasbiah kepada wartawan dalam keterangan tertulisnya Rabu, 14 Desember 2022.

Selain itu, kata Desi potensi wisata yang menonjol di desa tersebut adalah kawasan wisata yang meliputi beberapa curug, kebun teh, Sungai Citangkolo, dan kenikmatan kopi Cimanggu yang menjadi ciri khas desa ini.

Namun sayangnya kata Desi, potensi alam yang dimiliki belum seimbang dengan Sumber Daya Manusia (SDM)-nya. Sehingga banyak potensi alam yang tidak ter-ekspos oleh dan belum bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

“Padahal, Desa Kabandungan bisa jadi Rest Area bagi pengunjung dari arah Bogor atau Jakarta dan sekitarnya,” katanya.

Tidak hanya itu menurut Dosen Fisipkom lainnya Maria Fitriah bahwa untuk membantu masyarakat Desa kabandungan dalam pemberdayaan potensi alamnya, civitas akademika dari Fisipkom dari memberikan penyuluhan dan pelatihan dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Branding Desa Wisata desa Kabandungan.

Dalam program ini kata Maria terdapat tiga kegiatan yakni penyuluhan desain visual pada media luar ruang potensi lokal, peningkatan keterampilan pemanfaatan media sosial sebagai digital branding.

“Dan peningkatan keterampilan pemanfaatan marketplace dalam upaya penunjang digital marketing Desa Wisata Kabandungan,” katanya.

Sementara itu  narasumber yang hadir dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah para dosen dari Fisipkom   dan peserta yang hadir adalah para warga masyarakat yang memiliki android untuk belajar digital branding melalui pengaplikasian media sosial dan marketplace. Selain itu, warga juga diberikan pelatihan pembuatan media luar ruang sebagai salah satu media promosi bagi potensi-potensi wisata yang dimiliki.

Dalam akhir pengabdian ini, Fisipkom memberikan sebuah android yang di dalamnya sudah terinstal beberapa aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook dan TikTok serta beberapa marketplace antara lain Shopee dan Tokopedia yang dapat dikembangkan oleh warga sebagai media promosi bagi seluruh potensi alam yang ada di Desa Kabandungan agar lebih dikenal lebih luas lagi. (Ruslan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here