Ganjar Curhat di Depan Jokowi, Apa Saja yang Dibahas?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi Presiden Joko Widodo usai menghadiri acara Puncak Peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional di Semarang. (Dok Pemprov Jateng/Suara.com)
IIMS

Bogordaily.net–  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Hari Ulang Tahun ke-77 PGRI bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 3 Desember 2022. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang juga hadir menyampaikan sejumlah hal di hadapan Jokowi.

Ganjar menyebut pendidikan merupakan ruang untuk mengangkat kemanusiaan, karena setiap guru harus memahami setiap potensi anak didiknya.

“Peran guru harusnya memahami potensi yang ada di setiap siswa. Tidak ada yang mewajibkan siswa pandai fisika dan matematika, menguasai ekonomi dan geografi. Mereka punya potensi masing-masing, biarkan pada pilihannya,” kata Ganjar dilansir Suara.com Sabtu, 3 Desember 2022.

Agar menciptakan pendidikan sebagai ruang kemanusiaan, perhatian bagi kesejahteraan guru juga harus menjadi prioritas utama.

“Enggak fair (adil), membicarakan pembangunan pendidikan tapi enggak membicarakan sumber pendapatan para pengajarnya,” kata Ganjar.

Di hadapan Jokowi, Ganjar mengaku mendapat banyak keluhan dari para guru soal kesejahteraan mereka. Para guru banyak mengeluhkan soal Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK guru.

“Kira-kira gini Pak, ‘Wah Pak katanya mau ada pengangkatan 1 juta PPPK. Mbok guru diutamakan,’ katanya gitu. Dan tentu saja saya yakin bapak ibu yang hadir juga menerima curhat seperti itu di tempat masing-masing, apalagi kepala daerah,” kata Ganjar.

Ia menyakini kedepannya bakal terdapat peningkatan penerimaan pengangkatan PPPK guru.

“Jika liat 2021 catatan saya Mas Menteri ada 300 ribu pengangkatan, pada 2022 (terdapat) 399 ribu. Saya yakin tahun depan ini akan ada peningkatan,” kata dia.

Ganjar mengatakan tahap-tahapan itu akan dilaluinya. Di Jawa Tengah telah dilantik 5.788 ribu guru PPPK dan 31 Oktober dan kembali dibuka penerimaan PPPK.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *