Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaGegara Minum Obat Buatan India, 18 Anak Uzbekistan Meninggal Dunia

Gegara Minum Obat Buatan India, 18 Anak Uzbekistan Meninggal Dunia

Bogordaily.net – Sebanyak 18 anak di diduga meninggal usai mengonsumsi sirup batuk buatan perusahaan farmasi bernama Dok-1 Max, yang diproduksi oleh Marion Biotech berbasis di Noida, . Itu adalah untuk gejala pilek dan flu.

Kementerian Kesehatan Uzbekistan menyebut itu dikirim melalui Quramax Medical LCC. Diklaim terdapat bahan kimia berbahaya etilen glikol dalam sirup tersebut.

Dikutip dari RMOL, sirup dan tablet dari ini telah ditarik dari semua apotek di Uzbekistan.

Sementara itu, tim Organisasi Pengawasan Standar Narkoba Pusat (CDSCO bersama Otoritas Pengawasan dan Perizinan Narkoba Uttar Pradesh akan melakukan penyelidikan.

Kementerian Kesehatan Uzbekistan menyebut zat beracun etilen glikol ditemukan dalam sejumlah sirup. Selain itu, sirup tersebut diberikan kepada anak-anak di rumah tanpa resep dokter, dalam dosis 2,5 hingga 5 ml, untuk tiga hingga empat kali sehari selama 2 sampai 7 hari, yang melebihi dosis standar.

Pada 5 Oktober, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan peringatan terkait empat sirup buatan Maiden Pharma yang terkait dengan kematian anak-anak di Gambia.

“WHO menghubungi otoritas kesehatan di Uzbekistan dan siap membantu penyelidikan lebih lanjut,” kata badan tersebut terkait kejadian serupa di Uzbekistan.

Di Gambia, sirup batuk dan pilek buatan Maiden yang berbasis di New Delhi terkait dengan kematian sedikitnya 70 anak.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here