Friday, 26 April 2024
HomeBeritaGejala Stiff Person Syndrome, Gangguan Saraf Langka yang Diderita Celine Dion

Gejala Stiff Person Syndrome, Gangguan Saraf Langka yang Diderita Celine Dion

Bogordaily.net – Penyanyi mengungkapkan bahwa dia telah didiagnosis neurologis atau gangguan langka yang disebut Stiff Person Syndrome. Berikut Stiff Person Syndrome yang harus diwaspadai.

juga mengungkapkan bahwa Stiff Person Syndrome ini merupakan penyakit langka yang yang menyerang rangakaian ototnya hingga menimbulkan kejang.

Pakar medis mengatakan itu hanya terjadi pada sekitar satu atau dua orang dalam satu juta populasi. Sehubungan dengan diagnosis tersebut, Dion mengumumkan bahwa dia membatalkan rencana dimulainya kembali tur Eropa pada bulan Februari.

“Kejang ini memengaruhi setiap aspek kehidupan sehari-hari saya, terkadang menyebabkan kesulitan saat berjalan dan tidak memungkinkan saya menggunakan pita suara untuk bernyanyi seperti biasanya,” ujar Dion dilansir Deadline, Jumat, 9 Desember 2022.

Kondisi tersebut berdampak pada sistem pusat dan orang dengan Stiff Person Syndrome biasanya mengalami kekakuan pada otot-otot tubuh mereka, diikuti oleh kekakuan pada kaki dan otot lainnya, menurut Klinik Cleveland.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan kejang otot yang menyakitkan yang terjadi secara acak atau dapat dipicu oleh kebisingan, tekanan emosional, dan sentuhan fisik ringan, menurut organisasi tersebut.

Stiff person syndrome dapat menyebabkan seseorang mengalami perubahan postur tubuh, dan, dalam kasus yang parah, hal itu dapat membatasi kemampuan seseorang untuk berjalan atau bergerak.

Kondisi ini sangat langka sekitar satu dari setiap satu juta orang telah didiagnosis mengidapnya, tetapi wanita yang mengalami Stiff Person Syndrome dua kali lebih banyak daripada pria.

dan perawatan Stiff Person Syndrome:

sindrom orang kaku biasanya berkembang antara usia 30 dan 60 tahun. Menurut Yale Medicine, gejalanya bisa meliputi:

– kekakuan otot pada batang tubuh dan tungkai

– episode kejang otot yang hebat, yang bisa sangat parah sehingga menyebabkan orang tersebut jatuh

– kesulitan berjalan

– depresi

– kecemasan.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here