Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorHadapi Nataru, Mendag Sidak ke Pasar Anyar Bogor

Hadapi Nataru, Mendag Sidak ke Pasar Anyar Bogor

Bogordaily.net  – Menteri Perdagangan ()  Zulkifli Hasan (Zulhas), bersama Bapanas Bulog melakukan inspeksi mendadak () ke , Jawa Barat pada Jumat pagi, 23 Desember 2022.

Di sana Zulhas selain memantau sejumlah bahan pokok juga membeli sejumlah beras dan ayam potong untuk dibagikan ke warga yang ada di pasar.

Dari pantauan di lapangan sejumlah bahan pokok cabai, tomat bawang putih, dan daging cendrung stabil harganya, dan untuk harga ayam, telur dan beras alami kenaikan.

“Perintah Presiden kepada kami semua tidak hanya dan Bapanas, tetapi Mendagri, Bupati Walikota seluruh diminta terus memonitor hajat hidup orang banyak yaitu bahan pokok dan pangan tercukupi barangnya dan harganya itu harus terjangkau,”kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kepada wartawan.

Zulhas juga mengatakan dari pantauan di pasar Bogor itu harga cukup relatif stabil meskipun alami kenaikan tidak terlalu tinggi mulai dari ayam telur dan beras. Sementara untuk cabai merah rawit, alami penurunan.

“Harga cukup stabil alami kenaikan tapi memang ada juga yang naik cukup lumayan itu beras mulai dari medium hingga premium oleh karena itu bulog tidak beli beras tapi melakukan operasi pasar,”katanya.

Untuk harga kedelai lanjut Zulkifli Hasan keterangan Bapanas kemungkinan harganya akan alami penurunan, pasalnya saat ini kedelai dari negara asalnya itu sudah mulai panen.

“Kemungkinan harga bisa turun dari Rp 15 ribu Rp 12 ribu bahkan ke Rp 11 ribu sebenernya gak naik cuma kurs rupiah kita aja dan harga itu gak akan kembali awal semula sebelum nai,”kata Zulhas.

Sementara pedagang beras H Endang untuk kenaikan beras itu rata rata alami kenaikan seribu rupiah perkilogramnya mulai dari beras medium dan premium.

“Jadi perkarung ukuran 50 kg itu naiknya Rp 40 ribu baik Medium maupun yang premium kenaikan sejak sebulan yang lalu,”katanya.

Untuk ayam kata pedagang di Pasar tersebut Yanti mengatakan harga ayam potong itu alami kenaikan Rp 3000 rupiah perkilogramnya dan kenaikan sudah hampir satu pekan ini.

“Gak tahu karena apa naiknya tapi biasanya kalau mau natal dan tahun baru emang naik, dari awalnya Rp 35 ribu sekarang Rp 38 ribu perkilogram,”ungkapnya.

(Ruslan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here